Bandar Udara Internasional Camilo Daza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional Camilo Daza (bahasa Spanyol: Aeropuerto Internacional Camilo Daza) (IATA: CUCICAO: SKCC) adalah sebuah bandara sipil yang berlokasi di Cucuta, Kolombia. Bandara ini melayani Departemen Norte de Santander (bahasa Spanyol: North Santander State). Bandara ini memuliki fasilitas internasional yang mampu penerbangan umum menuju destinasi internasional meskipun belum ada penerbangan berjadwal, charter, dan kargo reguler yang beroperasi secara internasional.

Terminal bandara ini berlokasi 5 km dari pusat kota, sekitar 15 menit dari Jalan Raya Pan American (Sevilla). Saat ini bandara ini berada di peringkat ke sebelas di negara ini, dan masuk dalam 11 karakter internasional yang oleh negara, untuk alasan ini menginvestasikan uang untuk ekspansi, adaptasi dan perawatan untuk kedatangan nasional dan internasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bandar Udara Internasional Camilo Daza dibuka pada 10 Oktober 1971 oleh Presiden Republik, Misael Pastrana Borrero dan Menteri Pekerjaan Umum, Argerino Duran Quintero. Oleh inisiatif dari Presiden Masyarakan Pengembangan Publik Juan Agustín Ramírez Calderón, bandara ini diberi nama Camilo Daza untuk menghormati pionir penerbangan dan pendiri dari Angkatan Udara Kolombia. Pada tahun 2005 Penerbangan Sipil Kolombia mengumumkan rencana renovasi bandara, yang ditergetkan akan menjadi salah satu bandara paling modern di dalam negeri. Renovasi ini kemudian dilakukan dan membuat insfrastruktur terminal udara dengan rancangan yang lebih kontemporer, dan juga dilengkapi oleh pencahayaan kuat pada waktu malam.

Pada bulan Maret 2008, bandara ini menjadi pusat kedatangan penerbangan langsung internasional dari Madrid, Miami, San Jose, Quito dan Caracas yang akan menghadiri konser Peace Without Borders yang diadakan di Cucuta. Pilot dari pesawat-pesawat tersebut menyatakan bahwa kota ini memiliki bandara yang sangat baik dimana bandara ini memiliki kapasitas untuk menerima pesawat dari jarak yang jauh, yang pada kasus ini dari Madrid.

Pada 6 Agustus 2010 dalam Konfrensi Kerangka Kerja untuk Bisnis Makro Nasional, Deputi Menteri Pariwisata Oscar Rueda menyatakan bahwa sedang dilakukan studi untuk melakukan penerbangan internasional dalam usaha menghadapi efek dari krisis yang terjadi di negara tetangga, yaitu Venezuela. Rute ini akan dilakukan menuju Panama City.

Struktur dan kapasitas[sunting | sunting sumber]

  • Maskapai Avianca memiliki lounge pribadi dengan bermacam-macam layanan seperti Wi-Fi, bermacam-macam lingkungan, televisi satelit, bar, pengondisi udara, dan berbagai macam atraksi hiburan.
  • Tempat parkir berada di luar bangunan, dengan pepohonan yang ditanam rapi dan terletak berlawanan arah dengan terminal. Di sana juga terdapat tempat parkir bagi penderita cacat.
  • Jika terjadi kehilangan, kerusakan sebagian dan keseluruhan dari bagasi maka penumpang dapat datang menuju penyedia tiket, konter maskaapi yang bertanggung jawab, atau meja informasi.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Aerolínea de Antioquia Medellín
Aires Bogotá, Bucaramanga, Medellín - Olaya Herrera
Avianca Bogotá
Copa Airlines Colombia Bogotá
EasyFly Bucaramanga, Medellín - Olaya Herrera
Satena Arauca, Bucaramanga, Medellín - Olaya Herrera

Pranala luar[sunting | sunting sumber]