Bakul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bakul (Bahasa Indonesia) / Boboko (Sunda), adalah sejenis kerajinan tangan yang berguna sebagai wadah yang dibuat dari anyaman bambu yang dibuat sedemikian rupa. Bakul tersebar di beberapa daerah Indonesia, khusunya / biasanya di daerah yang memang terdapat bahan baku yang cukup yaitu tanaman Bambu sebagai bahan dasar pembuatan Bakul. Bakul di Indonesia juga terdapat berbagai macam jenis dan ukurannya sesuai dengan budaya daerah masing-masing. Sejalan dengan perkembangan zaman serta daya kreativitas manusia maka Bakul saat ini telah mengalami banyak perubahan, baik dari sisi design maupun penggunaannya. Secara garis besar bentuk bakul ada dua jenis yaitu :

1. Bakul biasa / bakul secara umum, sebagai wadah yang multifungsi Bakul ini bisa difungsikan sebagai wadah beras, wadah sayur-mayur hasil panen di kebun, penyimpan beras, dsb.

2. Bakul Nasi (sunda : CEPON) Bakul ini ukurannya lebih kecil dari Bakul umum (± ¼ dari ukuran bakul umum). Bakul inilah yang sering diprcantik bentuknya, sehingga bakul nasi sekarang sudah banyak sekali ragamnya.


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.