Bahasa Saraiki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Saraiki
سرائیکی; ਸਰਾਇਕੀ; सराइकी
Saraiki.svg
Saraiki in Shahmukhi script (Nastaʿlīq style)
Dituturkan di Pakistan, India,[1] Afghanistan
Wilayah mainly South Punjab
Jumlah penutur 170 million  (2007)[2]
Rumpun bahasa
Dialek
Riasati (Riyasati–Bahawalpuri)
Sistem penulisan Persian alphabet, Laṇḍā scripts particularly Gurumukhi, Devanagari script, Langdi script
Status resmi
Diatur oleh No official regulation
Kode-kode bahasa
ISO 639-3 skr

Bahasa Saraiki merupakan bagian dari bahasa-bahasa Indo-Arya sehingga otomatis termasuk dalam keluarga bahasa Indo-Eropa. Namun ada juga yang berpendapat bahwa Saraiki termasuk dalam keluarga bahasa-bahasa Munda, dikarenakan adanya beberapa kosakata yang mirip atau berasal dari bahasa Munda. Bahasa ini dipakai oleh kurang lebih 8% penduduk Pakistan, terutama di bagian selatan provinsi Punjab serta bagian utara provinsi Sindhu.

Multan merupakan pusat kelompok bahasa Siraiki.

Bahasa Saraiki sering juga dianggap sebagai dialek bahasa Punjabi, dikarenakan kesamaan yang cukup besar antara keduanya.

Sistem Penulisan[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya, bahasa Siraiki menggunakan huruf Lahnda yang sangat berbeda dengan huruf-huruf wilayah Indo-Pakistan lainnya. Namun, sekarang ini mereka menggunakan huruf Arab-Urdu sebagai media penulisannya.

Pengaruh Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Saraiki, diperkirakan berakar dari bahasa Proto-Siraiki yang dipengaruhi bahasa-bahasa Munda. Namun kemudian pengaruh bahasa Sanskerta dan bahasa Prakerta semakin kuat mendominasi bahasa ini. Selain itu, pengaruh bahasa Arab, Persia, Sindhi dan Urdu juga memperkuat bahasa ini selain bahasa Inggris dan Turki. Namun pengaruh yang kuat saat ini dalam bahasa Siraiki adalah bahasa Urdu dan Inggris.

Status bahasa[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya wilayah Pakistan lainnya, bahasa Siraiki hanya dipakai dalam percakapan sehari-hari. Namun dalam urusan pemerintahan dan urusan resmi, seperti surat menyurat. Pidato dan sebagainya, digunakan bahasa Urdu dan Inggris. Selain itu, bahasa Siraiki hanyalah merupakan bahasa lisan yang tidak menduduki posisi strategis dalam dunia kesusasteraan, politik, dan keagamaan. Tidak seperti bahasa-bahasa lain seperti Sindhi, Punjabi maupun Urdu yang sangat dominan dalam masyarakat Pakistan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Abstract of speakers’ strength of languages and mother tongues – 2001". Diakses 8 April 2012. 
  2. ^ Nationalencyklopedin "Världens 100 största språk 2007" The World's 100 Largest Languages in 2007