Bahasa Pirahã

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pirahã
Múra-Pirahã
xapaitíiso
Lafal [ʔàpài̯ˈtʃîːsò]
Dituturkan di Brasil
Wilayah Sungai Amazon
Etnis Suku Pirahã
Jumlah penutur 250–380  (2009)[1]
Rumpun bahasa
Mura
  • Pirahã
Kode-kode bahasa
ISO 639-3 myp

Pirahã (juga dieja Pirahá, Pirahán) atau Múra-Pirahã adalah bahasa yang dituturkan oleh suku Pirahã yang tinggal di negara bagian Amazonas, Brasil. Suku Pirahã tinggal di sepanjang Sungai Maici, yang merupakan anak sungai Amazon.

Pirahã adalah satu-satunya dialek bahasa Mura yang masih bertahan; dialek-dialek lain telah punah karena sebagian besar suku Mura beralih menggunakan bahasa Portugis. Bahasa Matanawi yang diduga berkerabat juga telah punah. Akibatnya, bahasa Pirahã adalah bahasa yang terisolasi, atau dalam kata lain tidak memiliki kekerabatan dengan bahasa lain yang masih hidup. Bahasa ini diperkirakan dituturkan oleh sekitar 250 hingga 380 penutur.[1] Bahasa ini tidak terancam punah karena penggunaannya masih kuat dan sebagian besar suku Pirahã hanya dapat menuturkan satu bahasa.

Bahasa Pirahã telah digunakan sebagai bukti untuk mendukung klaim-klaim yang kontroversial;[1] misalnya, bahasa ini dianggap sebagai bukti relativitas bahasa.[2] Kontroversi ini diperparah oleh kesulitan mempelajari bahasa ini dan jumlah ahli bahasa Pirahã yang sedikit.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Nevins, Andrew, David Pesetsky and Cilene Rodrigues (2009). "Piraha Exceptionality: a Reassessment", Language, 85.2, 355–404. (Templat:Webcite)
  2. ^ Michael C. Frank, Daniel L. Everett, Evelina Fedorenko and Edward Gibson (2008), Number as a cognitive technology: Evidence from Pirahã language and cognition. Cognition, Volume 108, Issue 3, September 2008, pp. 819–824.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]