Bahan bakar diesel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bahan bakar diesel secara umum adalah bahan bakar cair apapun yang digunakan untuk mesin diesel. Jenis yang paling umum adalah minyak bahan bakar yang berasal dari hasil distilasi fraksi minyak bumi, namun ada juga produk selain dari turunan minyak bumi seperti biodiesel, diesel biomassa menjadi cairan atau diesel gas menjadi cairan. Untuk membedakan jenis-jenis diesel, bahan bakar dari minyak bumi umumnya disebut petrodiesel.[1] Diesel dengan sulfur ultra-rendah (ULSD) adalah standar untuk mendefinisikan bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur yang telah direndahkan.

Di Britania Raya, bahan bakar diesel untuk penggunaan jalan raya disebut DERV, singkatan dari diesel-engined road vehicle (Kendaraan bermesin diesel untuk jalan raya) yang besar pajaknya lebih tinggi dari diesel untuk penggunaan non-jalan raya .[2]

Di Australia, bahan bakar diesel disebut juga 'distillate'.[3]

Di Indonesia, bahan bakar diesel yang paling umum adalah solar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pedangang dan importir sekarang menggunakan istilah ini, begitu juga dengan jurnal akademik seperti ACS (Lihat 2006 article on comparing Petrodiesel emissions with other types of fuel). The term is common in blogs and informal wiki sites, and is used several times in this article itself.
  2. ^ "The UK oil industry over the past 100 years". Department of Trade and Industry, UK Government. March 2007. hlm. 5. Diarsipkan dari aslinya tanggal 4 March 2011. 
  3. ^ The MacQuarie Dictionary 3rd ed, The MacQuarie Library 1997

Pranala luar[sunting | sunting sumber]