Bachelorette (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bachelorette
Promotional poster
SutradaraLeslye Headland
ProduserWill Ferrell
Adam McKay
Ditulis olehLeslye Headland
PemeranKirsten Dunst
Isla Fisher
Lizzy Caplan
James Marsden
Kyle Bornheimer
Rebel Wilson
Adam Scott
Penata musikMichael Wandmacher
SinematograferDoug Emmett
PenyuntingJeffrey Wolf
Perusahaan
produksi
DistributorThe Weinstein Company (USA)
Creative Artists Agency (worldwide)[1]
Tanggal rilis
  • 23 Januari 2012 (2012-01-23) (Sundance[2])
  • 07 September 2012 (2012-09-07) (United States)
Durasi87 minutes
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Anggaran$3 million[3]
Pendapatan
kotor
$11.9 million[4]

Bachelorette adalah judul film Amerika Serikat produksi tahun 2012 yang ditulis dan disutradarai oleh Leslye Headland, diadaptasi dari dari novel berjudul sama.[5] Film ini dibintangi antara lain oleh Kirsten Dunst, Lizzy Caplan dan Isla Fisher. Bachelorette mengangkat kisah tentang tiga perempuan bermasalah yang berkumpul kembali saat menghadiri sebuah pesta pernikahan seorang kawan (diperankan oleh Rebel Wilson) yang selalu menerima ejekan dan olokan semasa sekolah. Film indi diselesaikan produksinya di New York dan diputar kali pertama saat perhelatan Sundance Film Festival pada 23 Januari 2012 dan dirilis secara umum di Amerika Serikat pada 7 September 2012.[2][6][7][8][9]

Plot[sunting | sunting sumber]

Kisah bertema pesta pernikahan memang selalu menarik untuk diangkat ke dalam sebuah film. Kali ini, Leslye Headland, dalam debut penyutradaraannya, mencoba mengangkat tema cerita yang cukup populer ini melalui Bachelorette. Bercerita tentang 4 orang sahabat sejak SMA: Regan (Kristen Dunst), Gena (Lizzy Caplan), Katie (Isla Fisher) dan Becky (Rebel Wilson). Film dimulai saat Becky dan Regan bertemu untuk makan siang di sebuah kafe. Siang itu Regan dikejutkan tentang kabar rencana pernikahan Becky dengan Dale-kekasih Becky. Kenyataan bahwa Becky yang perawakan fisiknya lebih berisi dibanding 3 sahabatnya itu menikah lebih dulu sempat membuat Regan, yang paling cantik dan cerdas dibanding lainnya, shock dan tidak percaya. Selama ini Regan berasumsi bahwa dialah yang akan lebih dulu menikah dibanding ketiga sahabatnya. Teman-temannya yang dulu semasa sekolah terkenal sebagai gadis cantik juga terkejut dengan rencana pernikahan Becky tersebut.

Cerita kemudian berlanjut ke malam sebelum acara pernikahan, di mana mereka semua berkumpul bersama dua keluarga besar dan calon mempelai. Gena dan Katie yang memang sudah mulai high akibat pengaruh kokain nyaris mengacaukan suasana dengan speech yang berantakan. Kekacauan juga terjadi saat Bachelorette party, yang seharusnya adalah hanya acara kumpul-kumpul biasa, mendadak menjadi sedikit liar karena ulah Katie yang diam-diam mengundang striptease dancer yang kemudian justru mengacaukan acara dan membuat Becky marah. Pada akhirnya Regan berinisiatif menghentikan acara.

Tidak sampai di situ saja, karena kekacauan sesungguhnya terjadi saat semua sedang istirahat. Regan, Gena dan Katie yang dalam keadaan mabuk berinisiatif melakukan hal gila. Mereka mengambil gaun pengantin Becky yang berukuran besar untuk dikenakan berdua oleh Regan dan Katie. Saat Gena akan mengambil foto Regan dan Katie berdua dalam baju tersebut, tiba-tiba gaun pengantin sobek. Regan, Gena dan Katie yang dalam keadaan mabuk berusaha mencari cara untuk memperbaiki kesalahan mereka. Semalaman mereka berkeliling kota untuk mencari solusi untuk memperbaiki gaun tersebut. Film ini sesungguhnya sangat simple. Setting cerita juga hanya berlangsung di waktu yang sempit. Itupun sebagian besar setting adalah malam dini hari di mana Regan dan teman-temannya menjelajahi kota sambil membawa gaun pengantin yang sobek, terlibat masalah ini dan itu, dengan gaun pengantin dalam genggaman mereka. Namun acting pemainnya cukup mampu membuat penonton terbahak dengan tingkah bodoh mereka.

Kristen Dunst bermain cukup manis di sini, even though it wasn’t her best, tapi nyawa Regan cukup terasa di film ini – terlepas dari karakter Regan yang memang dominan dan control freak. Atau paling tidak Dunst mampu membawa karakter ini tampil sebagai lead character tanpa harus menenggelamkan karakter-karakter lainnya sehingga feel of best friend connection-nya jadi lebih terasa. Regan tampil lembut sebagai gank leader namun tetap terpadu dalam persahabatannya dengan karakter Gena yang diperankan oleh Lizzy Caplan, Isla Fisher yang berperan sebagai Katie, terutama kedekatannya dengan Becky (Rebel Wilson)-yang walaupun dalam film ini tidak terlalu banyak disorot. Tokoh-tokoh pria di sini bisa dibilang hanya sebagai pemanis cerita tapi yang menarik justru Clyde yang diperankan oleh Adam Scott. Clyde inilah yang mencuri perhatian dengan tampilan nakal sebagai play boy yang menyebalkan namun dalam sekejap dapat berubah menjadi pria yang sedang jatuh cinta.[10][11][12][13][14]

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bachelorette". The New York Times. 
  2. ^ a b "Bachelorette". Sundance Film Festival. 2012-00-00. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-06. Diakses tanggal 2012-01-04. 
  3. ^ http://www.movieinsider.com/m5584/bachelorette/production/
  4. ^ http://boxofficemojo.com/movies/?page=main&id=bachelorette.htm
  5. ^ ""Bachelorette" official page credits". Official page. Diakses tanggal 2012-09-30. 
  6. ^ Kit, Borys (2011-08-19). "'Bridesmaids' Co-Star Ramps Up Movie Roles (Exclusive)". Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2011-08-20. 
  7. ^ "Bachelorette Release US". Comingsoon.net. 2012-05-17. Diakses tanggal 2012-05-17. 
  8. ^ "Bachelorette". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2013-10-20. 
  9. ^ "James Berardinelli Reelviews: Bachelorette (2012)". Reelviews.com. Diakses tanggal 2012-09-11. 
  10. ^ Holden, Stephen (2012-09-06). "'Bachelorette' by Leslye Headland, With Kirsten Dunst". The New York Times. 
  11. ^ Bachelorette Review - The New York Times
  12. ^ RADiUS-TWC Gets Auspicious Start With VOD Release of 'Bachelorette' Hitting iTunes #1 Indie Wire. 14 August 2012
  13. ^ "Bachelorette DVD release". February 27, 2013. 
  14. ^ "Bachelorette Blu-ray and DVD release". February 25, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-03. Diakses tanggal 2015-08-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]