Baathisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ba'athisme ( Bahasa Arab : البعث Al-Ba'ath atau Ba'ath yang berarti "renaisans" atau "kebangkitan") adalah sebuah ideologi nasionalis Arab yang mempromosikan pengembangan dan penciptaan negara Arab bersatu melalui kepemimpinan barisan depan pihak atas pemerintah progresif revolusioner. Ideologi secara resmi didasarkan pada teori Zaki al-Arsuzi (menurut gerakan Ba'ath pro-Suriah), Michel Aflaq dan Salah al-Din al-Bitar.

Sebuah masyarakat Baathisme mencari pencerahan, kebangkitan dan kelahiran kembali budaya Arab, nilai-nilai maupun masyarakat. Ini mendukung penciptaan negara-partai tunggal, dan menolak pluralisme politik dalam jangka waktu yang tidak ditentukan - Partai Ba'ath secara teori menggunakan jumlah yang tidak ditentukan waktu untuk mengembangkan masyarakat Arab tercerahkan. Baathisme didasarkan pada prinsip-prinsip nasionalisme Arab, pan-Arabisme, sosialisme Arab, serta kemajuan sosial. Ini adalah ideologi sekuler. Sebuah negara Baathisme mendukung ekonomi sosialis sampai tingkat tertentu, dan mendukung kepemilikan publik atas ketinggian ekonomi tetapi menentang penyitaan hak milik pribadi. Sosialisme dalam ideologi Ba'athisme tidak berarti sosialisme negara atau kesetaraan ekonomi, tetapi modernisasi; Baathisme percaya bahwa sosialisme adalah satu-satunya cara untuk mengembangkan masyarakat Arab yang benar-benar bebas dan bersatu.

Dua negara Baathisme yang telah ada (Irak dan Suriah), melalui kebijakan otoriter, melarang oposisi dan kritik atas ideologi mereka. Rezim Baathisme yang telah ada telah dicap sebagai neo-Baathisme, karena bentuk Ba'athisme dikembangkan di negara-negara itu sangat berbeda dari Ba'athisme dari Aflaq dan al-Bitar.