B2W-Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bike to Work Indonesia (disingkat B2W Indonesia) adalah perkumpulan penggemar kegiatan pergi bekerja menggunakan transportasi sepeda. Kegiatan yang dilakukan terutama orang-orang di kota besar untuk mencapai tempat bekerja biasanya menggunakan alat tranportasi ramah lingkungan dan dapat menyehatkan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung yang punya semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah "Komunitas Pekerja Bersepeda" (Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004. Seiring dengan berjalannya waktu, peminat alternatif transportasi selain kendaraan bermotor ini semakin berkembang, hingga dirasa perlu untuk dibuat wadah agar gerakan ini dapat semakin tersosialisasi.

Pada 27 Agustus 2005 dilakukan Deklarasi & Pernyataan Bersama Komunitas Bike to Work Indonesia di Balai Kota DKI Jakarta, yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal kelahiran Komunitas B2W-Indonesia. Kepengurusan B2W Indonesia yang pertama kemudian dibentuk pada 27 Januari 2006. Selanjutnya Komunitas ini bertekad mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai alternatif transportasi, terutama untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Pencapaian Komunitas Bike to Work Indonesia[sunting | sunting sumber]

  • Diterimanya penghargaan Clean Air Award dari Swiss Contact pada tahun 2006
  • Dipatenkannya Logo B2W-Indonesia
  • Diluncurkannya Website resmi www.b2w-indonesia.or.id pada Agustus 2006
  • Hingga awal 2008 telah terbentuk 18 B2W-Wilayah yang tersebar seantero negeri, yaitu Aceh (NAD), Bandar Lampung, Bandung, Bali, Balikpapan, Bogor, Cirebon, Madiun, Makassar, Mataram, Mojokerto, Pangkalpinang, Pekanbaru, Sengata, Semarang, Surabaya, Simeulue (Kepulauan), Tuban, dan Yogyakarta. Menyusul dalam waktu dekat Palembang, Purwokerto, Depok, Meulaboh dan Ambon
  • Peningkatan jumlah Pekerja Bersepeda yang cukup signifikan di kota-kota besar. Dari 150 menjadi hampir 5000 dalam kurun 2 tahun (berdasarkan member mailing list dan website)
  • Selalu disertakan dalam kegiatan-kegiatan maupun seminar yang berkaitan dengan lingkungan hidup
  • Semakin banyak pejabat pemerintah yang berminat dan mendukung jajarannya untuk bersepeda ke kantor Fauzi Bowo (Gubernur DKI Jakarta), Andi Alifian Mallarangeng (Juru Bicara Kepresidenan), Koesmayanto Kadiman (Menristek), Rachmat Witoelar (Menteri LH), termasuk beberapa CEO perusahaan besar dan multinasional
  • Bekerja-sama dengan salah satu produsen sepeda terbesar Indonesia memproduksi sepeda khusus B2W-Indonesia
  • Dipercaya menyelenggarakan event pendahuluan Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim (UNFCCC) di Denpasar, Bali medio November 2007, berupa kampanye bersepeda Jakarta – Bali, yang dilepas dan diterima oleh Presiden RI Bp. Susilo Bambang Yudhoyono.

B2W Day[sunting | sunting sumber]

Sudah 2 kali acara b2w day diadakan. Tahun 2006, 2007. Untuk tahun ini akan diadakan lagi acara B2W-day 2008 pada tanggal 29 - 31 Agustus 2008, yang lebih heboh dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa liputan media mengenai b2w-day tahun-tahun sebelumnya sempat diliput oleh berbagai media masa. Pada tahun 2006, SCTV juga meliput kegiatan B2W Day di Monas. Pada tahun 2023, B2W Day ke 18 tahun, diadakan acara yang salah satunya lewat Urban Camp dan Gowes Kelap Kelip (NR) pada 26-27 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan Ragunan, dengan host B2W Depok, team Nanda Ashar dkk.[1] [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]