Audit Bureau of Circulations

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Audit Bureau of Circulations (ABC) adalah forum atau organisasi dunia yang dibentuk oleh beberapa perusahaan publikasi koran, majalah, pengiklan dan agensi iklan ternama. Organisasi ini menyediakan informasi yang kredibel dan terverivikasi terkait dengan belanja iklan media masa dan proses penjualannya. ABC juga membangun basis data elektronik mengenai audit pembaca, demografi pembaca dan juga aktivitas pengguna daring.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada saat memasuki abad ke-20, para penerbit di sektor media masa mengalami kondisi persaingan (kompetisi) yang ketat. Dengan menggunakan angka klaim sirkulasi (sebaran oplah) yang menyesatkan dan tidak benar, para penerbit dapat mendapatkan pemasukkan uang yang sangat besar dari pengiklan. Dengan sumber yang terbatas, para pengiklan dipaksa untuk membayar harga iklan berdasarkan angka sirkulasi yang dibesar-besarkan dan tidak realistis.

Dengan tujuan menghentikan praktek penipuan oleh industri media masa (penerbit), maka para pengiklan, agensi periklanan dan penerbit bersama-sama mendirikan lembaga yang bertujuan sebagai pengawas (watchdog) yang secara independen melakukan verifikasi terhadap angka sirkulasi. Pada tahun 1914, dibentuklah organisasi pertama yang melakukan aktivitas audit sirkulasi koran. Organisasi itu bernama Audit Bureau of Circulations (ABC).

Para penerbit kemudian dengan sukarela menjalani audit sirkulasi koran mereka. Data audit tersebut pada akhirnya dipublikasikan untuk kepentingan para pengiklan dan agensi iklan. Integritas dari ABC akhirnya melegitimasi angka sirkulasi tersebut.[2]

Pendanaan[sunting | sunting sumber]

Lembaga ini dibentuk berdasarkan konsep integritas dan objektivitas. Berperan sebagai pihak ketiga, operasi ABC didanai oleh tiga kelompok yang sangat berkepentingan, ketiga kelompok tersebut adalah para agensi iklan, pengiklan dan penerbit.[3]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Who We Are". Diakses 2011-11-09. "ABC is a forum of the world's leading magazine and newspaper publishers, advertisers and advertising agencies." 
  2. ^ "How We Were Created". Diakses 2011-11-09.  Text "quoteAt the turn of the 20th century, publishers fought a fiercely competitive battle." ignored (help)
  3. ^ "How We Are Funded". Diakses 2011-11-09. "ABC is funded by dues and service fees paid by the three groups it serves: advertisers, advertising agencies, and publishersa."