Atol Maalhosmadulu Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Raa Atoll
NegaraMaladewa
Atol geografis yang sesuaiMaalhosmadulu Uthuruburi
Lokasi5° 58' N and 5° 20' N
IbukotaUngoofaaru
Pemerintahan
 • Kepala AtolAli Shahid [1]
Populasi
 • Total24.753
Kode pos
E
Kode pos Dhivehi
R (ރ)
 • Number of islands88
 • Pulau berpenghuniAlifushi Angolhitheemu Fainu Hulhudhuffaaru Inguraidhoo Innamaadhoo Kandholhudhoo Kinolhas Maakurathu Maduvvaree Meedhoo Rasgetheemu Rasmaadhoo Ungoofaaru Vaadhoo
 • Pulau tak berpenghuniAarah, Arilundhoo, Badaveri, Bodufarufinolhu, Bodufenmaaenboodhoo, Bodufushi, Boduhaiykodi, Boduhuraa, Ekurufushi, Etthingili, Dhigali, Dhoragali, Dheburidheythereyvaadhoo, Dhikkurendhdhoo, Dhinnaafushi, Dhuvaafaruhuraa, Faarafushi, Fasmendhoo, Fenfushi, Filaidhoo, Fuggiri, Furaveri, Gaaudoodhoo, Giraavaru, Goyyafaru, Guboshi, Hiraveri, Hulhudhoo, Huruvalhi, Ifuru, Kaddogadu, Kothaifaru, Kottafaru, Kottefaru, Kudafushi, Kudahaiykodi, Kudakurathu, Kudalhosgiri, Kudathulhaadhoo, Kukulhudhoo, Kuroshigiri, Lhaanbugali, Lhaanbugau, Lhohi, Liboakandhoo, Lundhufushi, Maafaru, Maamigili, Maamunagaufinolhu, Maanenfushi, Maashigiri, Madivaafaru, Mahidhoo, Meedhupparu, Muravandhoo, Mullaafushi, Neyo, Thaavathaa, Ufulandhoo, Ugulu, Uthurumaafaru, Vaffushihuraa, Vandhoo, Veyvah, Viligili, Wakkaru
Pulau resor (*), bandara (¤) dan pulau industri juga dianggap tidak berpenghuni.

Atol Maalhosmadulu Utara (kode nama Raa) adalah sebuah atol di Maladewa. Atol ini termasuk Atol Maalhosmadulu Utara dan pulau Alifushi.

Alifushi dan Ethinyl (Kepulauan Powell di Admiralty Chart) berdiri di atas karang terpisah dengan perairan yang sangat dalam antara faru dan ujung utara Atol utama.

Atol Maalhosmadulu Utara panjangnya 35 mil dari utara ke selatan dan lebarnya 15 mil di bagian terluasnya. Pinggiran baratnya terdiri dari serangkaian terumbu bulat atau oval (farus) yang ditempatkan tidak beraturan (ciri khas semua Atol Utara yang lebih besar). Bagian tengahnya sangat dihiasi dengan tambalan karang (giri), beberapa terendam dan beberapa tenggelam. Konsentrasi giri sangat padat terutama di bagian barat dayanya, dekat dengan Pulau Kandholhudhu (di mana terdapat tempat yang paling ramai dengan terumbu kecil dan beting di seluruh Maladewa), tetapi ujung utaranya yang lebih sempit cukup bersih dari terumbu. Kedalaman umum laguna berkisar antara 23 hingga 27 depa.

Ibukota Atol Maalhosmadulu Utara adalah Ungoofaaru. Baru-baru ini, pulau ini telah direklamasi hingga ke tepi karang untuk menyediakan lahan bagi kegiatan sosial dan ekonomi bagi populasi yang terus bertambah.

Alifushi, yang terletak di ujung utara atol,l adalah sebuah pulau yang secara tradisional terkenal dengan tukang kayu pembuat kapal yang terampil. Sekarang rumah galangan kapal.

Saluran Moresby (Hanikandu)[sunting | sunting sumber]

Hanikandu adalah saluran antara Atol Maalhosmadulu Utara dan Atol "Fasdhūtere", di luar perbatasan selatannya. Saluran ini juga dikenal sebagai Saluran Moresby untuk menghormati Robert Moresby, seorang kapten dan juru gambar yang hampir terlupakan, yang dengan banyak kesabaran dan kerja keras memetakan semua Atol Maladewa.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Dulunya atol ini terlarang bagi wisatawan, namun sejak akhir 1990-an terjadi perubahan kebijakan pemerintah. Pulau resor wisata utama di Atol Maalhosmadulu Utara adalah Meedhupparu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Divehi Tārīkhah Au Alikameh. Divehi Bahāi Tārikhah Khidmaiykurā Qaumī Markazu. Reprint 1958 edn. Malé 1990.
  • Divehiraajjege Jōgrafīge Vanavaru. Muhammadu Ibrahim Lutfee. G.Sōsanī.
  • Xavier Romero-Frias, The Maldive Islanders, A Study of the Popular Culture of an Ancient Ocean Kingdom. Barcelona 1999.

Koordinat: 5°38′00″N 72°55′00″E / 5.63333°N 72.9167°E / 5.63333; 72.9167