Arthur Kaunang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Arthur Kaunang adalah seorang musisi yang terkenal dengan bandnya yaitu AKA dan SAS pada tahun 60 dan 70'an. Arthur sendiri terlahir dari keluarga pemusik. Ayahnya pemain Piano dan juga Pemain Biola. Sejak berusia 5 tahun Arthur sudah diperkenalkan musik oleh orang tuanya, terutama piano klasik. Sehingga Arthur memiliki basic musik yang kuat.

Ketika duduk di bangku SMA, Arthur mulai menyukai jenis musik Rock n Roll yang pada zaman itu sedang tren di kalangan anak muda. Pada tanggal 23 Mei 1967 Arthur dan teman-temannya membentuk group musik beraliran rock dengan nama AKA (Apotek Kali Asin), yang personilnya antara lain Ucok Harahap, Sonata Tandjung, Sjech Abidin dan Arthur Kaunang sendiri.

Pada tahun 1975 band asal kota Surabaya itu berganti nama menjadi SAS karena Ucok Hararap bergabung bersama Achmad Albar (yang pada waktu itu dikenal dengan nama Duo Keribo). Sehingga personil AKA lainnya yang tinggal 3 orang itu, membentuk band baru dengan nama SAS, singkatan dari Sonata Tandjung, Arthur Kaunang dan Sjech Abidin. Pada akhirnya mereka bubar dan mengambil jalan masing-masing. Arthur Sendiri akhirnya bersolo karir dengan band-nya, Arthur Kaunang Band. Arthur sendiri adalah ayah kandung dari Tessa Kaunang, yang merupakan seorang artis