Arthur Hertzberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hertzberg pada tahun 1972

Arthur Hertzberg (9 Juni 1921 – 17 April 2006) adalah seorang rabi Konservatif dan cendekiawan dan aktivis Yahudi-Amerika terkemuka.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Hertzberg lahir di Lubaczów, Polandia, anak tertua dari lima bersaudara, dan meninggalkan Eropa pada tahun 1926 bersama ibu dan neneknya untuk bergabung dengan ayahnya di Amerika Serikat, di mana namanya di Amerikanisasi menjadi Arthur. Hertzberg ingat bahwa sebagai seorang remaja di lingkungan Yahudi Ortodoks di Baltimore, Maryland, dia tidak akan menerima anggapan bahwa dunia sastra pembelajaran talmud, buku-buku kabalistik dan penulisan chasidim kurang layak dibandingkan dengan Ilias, Odisseia atau Inferno Dante. Ayahnya adalah seorang rabi Ortodoks yang dilatih di Eropa Timur, yang mengajari Arthur menghargai kekayaan Talmud dan karya besar Yudaisme lainnya. Meskipun Hertzberg kemudian menyimpang dari asuhan Ortodoksnya dan ditahbiskan sebagai seorang Konservatif rabi, dia "tidak pernah menggunakan 'bidah' saya sebagai alasan untuk memilih budaya mayoritas daripada budaya saya sendiri." Hertzberg adalah mahasiswa Ernst Cassirer di Universitas Columbia pada musim dingin 1944-1945. Setelah kematian Cassirer di sana, dia memimpin upacara pemakamannya sebagai seorang rabi muda.[1] Dia menikah dengan mantan Phyllis Cannon dari tahun 1950 sampai kematiannya. Mereka adalah orang tua dari dua anak perempuan, Dr. Linda Beth dan Susan Riva, dan mereka memiliki empat cucu bernama Rachel, Mike, Michelle, dan Derek.

Kecintaan Hertzberg pada Yudaisme dan teks-teks Yahudi merupakan inti dari hidupnya sebagai seorang rabi, cendekiawan, pendidik, dan pemimpin komunal Yahudi. Selama lebih dari 50 tahun karirnya, Rabi Hertzberg menjabat sebagai rabi jemaat, presiden American Jewish Policy Foundation dan Kongres Yahudi Amerika, wakil presiden Kongres Yahudi Sedunia dan perwakilan terkemuka Yahudi dunia dalam sejarah. Dialog Katolik–Yahudi yang dimulai pada masa kepausan Paus Yohanes XXIII. Sebagai figur publik utama dalam dunia kehidupan organisasi Yahudi, Hertzberg berada di pusat peristiwa penting yang membentuk kehidupan Yahudi Amerika sejak akhir Perang Dunia II.

Hertzberg meninggal pada 17 April 2006, karena gagal jantung dalam perjalanan ke Rumah Sakit Pascack Valley di Westwood, New Jersey, pada usia 84 tahun. Dia meninggalkan istri, anak perempuan, saudara laki-lakinya Rabi Isaiah dan Rabbi Joshua, dan seorang saudari, Eve Rosenfeld.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Arthur Hertzberg: A Reminiscence of Ernst Cassirer The Leo Back Institute Year Book, Volume 15, Terbitan 1, Januari 1970, hlm. 245-246, [1]
  2. ^ Berger, Joseph. "Rabbi Arthur Hertzberg, Scholar and Blunt Advocate for Civil Rights, Dies at 84", The New York Times, 18 April 2006. Diakses 24 November 2017.