Arsip Nasional Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gedung arsip nasional AS di Constitution Avenue, Washington, D.C.

Arsip Nasional Amerika Serikat (Inggris: National Archives and Records Administration, disingkat NARA) adalah badan independen pemerintah Amerika Serikat yang bertugas melakukan pengawetan dan penyimpanan arsip serta dokumen bersejarah agar dapat diakses masyarakat dan pejabat pemerintah AS. Arsip yang disimpan berasal dari dokumen yang dihasilkan badan dan pejabat pemerintah sehubungan dengan tugas pemerintahan yang dijalankan pemerintah federal.

Arsip nasional AS juga bertugas memberi layanan kepada masyarakat yang ingin melihat arsip atau melakukan riset sejarah. Standar untuk kebijakan dan prosedur pengelolaan dokumen pemerintah AS juga disusun arsip nasional AS. Selain itu, arsip nasional AS ditunjuk secara resmi sebagai penerbit dokumen pemerintah seperti undang-undang yang dihasilkan Kongres AS, perintah eksekutif (executive order), dan peraturan pemerintah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Aula utama (rotunda) arsip nasional AS

Sebelum arsip nasional AS berdiri, setiap badan pemerintah atau lembaga bertanggung jawab menyimpan dokumennya sendiri. Akibatnya, dokumen pemerintah sering rusak atau hilang. Pada tahun 1934, Kongres AS mendirikan kantor arsip yang disebut National Archives Establishment, dengan tujuan sentralisasi penyimpanan dokumen dan rekaman federal. Pimpinan arsip nasional AS disebut Archivist of the United States (Arsiparis Amerika Serikat). Arsiparis Amerika Serikat yang pertama bernama R.D.W. Connor, dan mulai bertugas pada tahun 1934. Selanjutnya, arsip nasional AS digabung ke dalam General Services Administration (Administrasi Layanan Umum) pada tahun 1949. Arsip nasional AS berdiri sendiri sebagai badan independen sejak 1 April 1985, berdasarkan undang-undang tertanggal 19 Oktober 1984 (44 U.S.C. 2101 dan seterusnya).

Sebagian besar dokumen yang disimpan arsip nasional AS merupakan dokumen domain umum mengingat dokumen yang dihasilkan pemerintah federal AS adalah bebas dari hak cipta. Walaupun demikian, dokumen yang berasal dari sumber selain pemerintah federal AS dapat saja dilindungi oleh hak cipta atau perjanjian arsip nasional AS dengan organisasi yang memberikan dokumen tersebut.

Koleksi arsip nasional AS dikelompokkan berdasarkan departemen atau badan asal dokumen tersebut. Dokumen yang disimpan bisa berupa rekaman tertulis, dokumen dalam bentuk mikrofilm, foto, film dan video, serta media elektronik dan media lainnya.

Publik AS sering mengunjungi arsip nasional AS untuk melihat dokumen yang berkaitan dengan silsilah keturunan atau riset genealogi. Informasi tersebut antara lain didapat dari data sensus tahun 1790 hingga 1930, daftar penumpang kapal laut yang membawa imigran, dan dokumen naturalisasi.

Fasilitas dan dokumen yang dipamerkan[sunting | sunting sumber]

Gedung Arsip I[sunting | sunting sumber]

Gedung Arsip Nasional AS yang terletak di Constitution Avenue, bagian utara National Mall, Washington, DC terkenal dengan sebutan Archives I. Gedung ini diresmikan tahun 1935 sebagai kantor pusat arsip nasional AS. Di dalam gedung dipamerkan 3 dokumen penting sehubungan pendirian negara dan pemerintah Amerika Serikat. Ketiga dokumen tersebut dikenal sebagai Piagam Kebebasan (Charters of Freedom) yang terdiri dari Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat, Konstitusi Amerika Serikat, dan Bill of Rights. Ruangan utama yang diberi nama Rotunda Charters of Freedom menjadi tempat pameran ketiga dokumen tersebut. Selain itu, gedung Archives I memamerkan dokumen bersejarah seperti Pembelian Louisiana, Proklamasi Emansipasi, koleksi foto, dan artefak bernilai sejarah dan budaya Amerika.

Gedung Arsip II di College Park[sunting | sunting sumber]

Fasilitas arsip nasional AS di Universitas Maryland, College Park

Layanan akses publik untuk koleksi arsip nasional AS juga diberikan arsip nasional AS di gedung Archives II, di kampus College Park, Universitas Maryland. Kerjasama arsip nasional AS dengan Universitas Maryland sudah dijalin sejak tahun 1989.

Pusat layanan regional[sunting | sunting sumber]

Sejumlah 12 pusat layanan regional menyimpan dokumen yang bernilai sejarah lokal, dan mungkin menarik minat masyarakat setempat. Di antara 12 pusat layanan regional terdapat Pusat Catatan Kepegawaian Nasional (National Personnel Records Center) di St. Louis, Missouri yang menyimpan data pegawai negeri dan anggota militer AS.[1]

Perpustakaan kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Arsip nasional AS juga diberi tugas mengelola jaringan perpustakaan kepresidenan sebagai tempat penyimpanan, serta pengawetan dokumen kepresidenan sejak Presiden Herbert Hoover.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "National Archives Records Centers". Diakses 2007-08-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]