Armenia TV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Armenia TV
Diluncurkan1997
Format gambar1080p (HDTV) 16:9
NegaraArmenia
Situs webSitus web resmi
Ketersediaan
Terestrial
Televisi digital terestrialChannel 2

Armenia TV (bahasa Armenia: Արմենիա հեռուստաընկերություն, translit. Armenia herustaënkerut'yun), adalah salah satu saluran TV terkemuka di Armenia. Pada tahun 2012, Armenia TV menjadi saluran TV pertama di Armenia yang meluncurkan siaran Full HD. Pada paruh pertama tahun 2020, Armenia TV mendapat rating tertinggi di antara acara berita, film fiksi, serial TV, komedi, dan musik.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Armenia TV didirikan pada tahun 1997 oleh Gerard Cafesjian dan Bagrat Sargsyan,[2] dan peluncuran pertama siaran ini pada 13 Januari 1998 dalam rezim 24 jam.[3] Pada tahun 2012, diikuti dengan modernisasi teknis, penyiaran diuji dan diluncurkan secara resmi pada tahun 2013.[4]

Pada tahun 2016, TV Armenia merilis acara TV resolusi 4K pertama di Armenia – "Ancient Kings". Pada tahun 2019, pemilik 100% saham adalah Artur Janibekyan[5] – pendiri dan produser umum Produksi Klub Komedi dan manajer umum Gazprom Media Entertainment TV.[6] Pada November 2019, TV Armenia mengumumkan modernisasi teknis dan berencana meluncurkan format 4K.[7]

Pada tahun 2020, daftar program TV Armenia termasuk acara TV, serial TV, acara komedi situasi, acara berita, film Armenia dan internasional.

Staf[sunting | sunting sumber]

Daftar lengkap anggota tim TV Armenia, yang terlibat dalam berbagai acara TV, program, dan film:

Proyek Internasional[sunting | sunting sumber]

Armenia TV adalah pemilik hak siar Champions League, UEFA Nations League, Euro 2020 dan pertandingan Kualifikasi Turnamen Sepak Bola Dunia di Armenia. Pada Juni 2019, Armenia mengumumkan pembelian lisensi Euro 2020.[8]

Mitra internasional Armenia TV termasuk The Walt Disney Company, Universal Studios, 20th Century Fox, Warner Brothers, Sony, Talpa, Endemol, TV Globo, dll. Armenia TV mengimplementasikan format internasional berikut – "The Voice of Armenia", "The Brainiest", "What? Where? When?", "Deal or No Deal", "Fort Boyard", dll.

Premium Armenia[sunting | sunting sumber]

Pada 14 September 2015, Armenia TV bekerja sama dengan Ucom, dan meluncurkan 6 saluran kabel baru dan tersedia untuk pengguna Ucom.[9] Saluran tidak menyertakan iklan, acara TV disiarkan satu hari sebelumnya, serta beberapa acara dirilis tidak pernah disertakan di TV Armenia asli.

Gambar Nama Deskripsi
Premium Saluran Premium Armenia, menyiarkan acara, film, dan komedi situasi yang diproduksi secara eksklusif.
Hay Kino Saluran film Armenia – dari Pusat Film Nasional Armenia.
Jan TV Saluran musik Armenia.
Komedi Saluran komedi Armenia – termasuk program TV, serial, sketsa, pertunjukan, dan acara lainnya.
Sineman Saluran film internasional.
Tuntunik Saluran anak-anak.

Pemrograman[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ «Հանրապետական և մայաքաղաքային սփռում ունեցող հեռուստաընկերությունների եթերի կառուցվածքն ըստ ժանրերի» Diarsipkan 13 July 2020 di Wayback Machine.
  2. ^ Մահացել է ամերիկահայ նշանավոր բարերար Ջերարդ Գաֆեսճյանը
  3. ^ "Armenia TV – Մեր մասին". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-16. Diakses tanggal 2023-06-06. 
  4. ^ Armenia TV-ն առաջինը հայկական հեռուստաեթերում անցնում է 4K ձևաչափի (Տեսանյութ)
  5. ^ Медиахолдинг PanArmenian Media Group распался, Артур Джанибекян стал владельцем "Armenia TV" и "Radio jan"
  6. ^ Gazprom Media – Artur Janibekyan
  7. ^ "«Հին արքաներ» բազմասերիանոց պատմական ֆիլմը հասանելի է [[4K resolution|4K]] որակով. «Արմենիա» հեռուստաընկերությունը առաջինը հայկական հեռուստաեթերում անցնում է 4K ձևաչափի". Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 November 2019. Diakses tanggal 15 July 2020. 
  8. ^ "Armenia TV-ն բացառիկ իրավունքով կցուցադրի ԵՎՐՈ-2020-ը - Լուրեր Հայաստանից - Թերթ.am". Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 July 2020. Diakses tanggal 15 July 2020. 
  9. ^ Սեպտեմբերի 14-ից «Արմենիա TV»–ին կներկայացնի 6 տարբեր ալիքներ՝ ցանկացած նախասիրության համար

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Armenia TV programming