Armada India Portugis ke-5 (Albuquerque, 1503)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Armada India Portugis ke-5 berangkat pada tahun 1503 atas perintah Raja Manuel I dan berada dibawah komando Afonso de Albuquerque. Ini merupakan kunjungan pertama Albuquerque ke India. Mereka bukan armada yang benar-benar sukses - karena kesalahan navigasi membuat armada berpencar di perjalanan. Kapal saling mencari hingga menguras banyak waktu, hingga ada beberapa kapal yang melanjutkan perjalanan sendiri.

Rombongan pertama sampai di India tepat waktu untuk menyelamatkan penguasa Cochin, yang bersekutu dengan Portugal, dari invasi darat oleh Zamorin dan Kalikut. Untuk mengantisipasi invasi susulan, armada Portugal membangun Benteng Sant'Iago di Cochin, yakni benteng Portugal pertama di Asia (di bawah komando Duarte Pacheco Pareira, jenderal kapten pertama). Mereka juga mendirikan pabrik Portugis ketiga di India, yaitu di Quilon.

Salah satu eskadron armada, di bawah pimpinan António de Saldanha, melewatkan penyebrangan ke India, dan menghabiskan tahun-tahun itu dengan berburu di sepanjang pantai Afrika Timur. Kapten eskadron ini menemukan beberapa penemuan besar - misalnya temuan Teluk Table (Afrika Selatan) dan pulau strategis yakni Socotra (dekat Teluk Aden). Mereka juga memeras Zanzibar dan Barawa dengan kebijakan bayar upeti.