Arleigh Burke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laksamana
Arleigh Burke
Burke pada tahun 1951
Nama lahirArleigh Albert Burke
Julukan"31-knot Burke"
Lahir(1901-10-19)19 Oktober 1901
Boulder, Colorado, A.S.
Meninggal1 Januari 1996(1996-01-01) (umur 94)
Bethesda, Maryland, A.S.
DikebumikanPemakaman Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat
(Section 8)
PengabdianAmerika Serikat
Dinas/cabang United States Navy
Lama dinas1923–1961
Pangkat Laksamana
KomandanChief of Naval Operations
Cruiser Division Six
Cruiser Division Five
USS Huntington (CL-107)
Destroyer Squadron 23
USS Charles Ausburne (DD-570)
Destroyer Squadron 12
Destroyer Division 44
Destroyer Division 43
USS Mugford
Perang/pertempuranPerang Dunia II
Perang Korea
PenghargaanNavy Cross
Navy Distinguished Service Medal (3)
Silver Star
Legion of Merit (4, with Combat V)
Presidential Medal of Freedom

Arleigh Albert Burke (19 Oktober 1901-1 Januari 1996) adalah seorang laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat yang menonjol selama Perang Dunia II dan Perang Korea, dan yang menjabat sebagai Kepala Operasi Angkatan Laut selama pemerintahan Eisenhower dan Kennedy.

USS Arleigh Burke (DDG-51), kapal pemimpin dari kelas kapal perusak peluru kendali yang dilengkapi Aegis, diresmikan untuk menghormati Burke pada tahun 1991. Kehormatan penamaan sebuah kapal dari orang yang masih hidup baru dilakukan empat kali sejak tahun 1861.

Kehidupan awal dan karir angkatan laut[sunting | sunting sumber]

Burke lahir di Boulder, Colorado, pada 19 Oktober 1901, dari pasangan Oscar Burke dan Clara Mokler. Kakeknya, August Björkgren, adalah seorang imigran Swedia ke AS dan mengubah nama belakangnya menjadi 'Burke', nama keluarga Irlandia yang umum, agar terdengar lebih 'Amerika'.[1] Karena wabah influenza 1918, sekolah di Boulder ditutup dan dia tidak pernah lulus SMA. Burke memenangkan pengangkatan pengganti untuk Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat yang diberikan oleh anggota kongres lokalnya. Selama waktunya di Akademi, Burke adalah anggota Kompi ke-23. Dia lulus dari Akademi pada bulan Juni 1923, dan ditugaskan sebagai panji di Angkatan Laut Amerika Serikat. Dia menikah dengan Nona Roberta Gorsuch (1899–1997) dari Washington, D.C.

Selama 18 tahun berikutnya, Burke bertugas di kapal tempur dan kapal perusak, dan memperoleh gelar Master of Science di bidang Teknik Kimia di University of Michigan pada tahun 1931.[2] Ketika Perang Dunia II datang, dia menemukan dirinya, dengan sangat kecewa, berada di tempat akomodasi sipil di Naval Gun Factory di Washington, D.C. Setelah upaya gigihnya, pada tahun 1943 dia menerima perintah untuk bergabung dalam pertempuran di Pasifik Selatan.[3]

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Burke menghabiskan sisa perang di Pasifik Selatan. Dia berturut-turut memimpin Divisi Perusak 43, Divisi Perusak 44, Skuadron Perusak 12, dan Skuadron Perusak 23.[4] DesRon 23, yang dikenal sebagai "Little Beavers", melakukan pendaratan awal di Bougainville pada November 1943, dan bertempur dalam 22 pertempuran terpisah selama empat bulan berikutnya. Selama waktu ini, Little Beavers dikreditkan dengan menghancurkan satu kapal penjelajah Jepang, sembilan kapal perusak, satu kapal selam, beberapa kapal kecil, dan sekitar 30 pesawat.[3] Perintah tetap Burke kepada satuan tugasnya adalah, "Kapal perusak dapat menyerang kontak musuh TANPA PERINTAH dari komandan satuan tugas."[5] Setelah meninjau baku tembak awal Angkatan Laut dengan Jepang yang gagal, ia menyimpulkan bahwa ketidakpastian dan keraguan telah merugikan mereka. Pelajaran itu dibawa pulang kepadanya di Pertempuran Selat Blackett, ketika operator radarnya melakukan kontak pertama dengan sebuah kapal di dekat pantai tetapi Burke ragu-ragu untuk menembak. Pertempuran segera terjadi yang berakhir dengan kemenangan AS, yang hanya tidak disukai Burke. Merefleksikan kejadian-kejadian tersebut Burke menanyakan kepada sebuah perwira di dekatnya apa perbedaan antara seorang perwira yang baik dan yang buruk. Setelah mendengarkan tanggapan perwira itu, Burke menawarkan pendapatnya sendiri: "Perbedaan antara perwira yang baik dan yang buruk," kata Burke, "adalah sekitar sepuluh detik."[6]

Burke biasanya mendorong kapal perusaknya di bawah kecepatan yang merusak mesin, tetapi saat dalam perjalanan ke pertemuan sebelum Pertempuran Cape St.George, kecelakaan ketel uap di USS Spence (tabung ketel yang macet akibat sikat yang digunakan untuk pembersihan) membatasi skuadronnya hingga 31 knot, lebih lambat daripada 34+ knot yang biasanya mampu mereka lakukan. Nama panggilannya adalah "31 Knot Burke," awalnya sebuah ejekan, yang kemudian menjadi simbol populer dari sifatnya yang keras.[3] Penjelasan alternatif diberikan oleh Jean Edward Smith dalam biografinya tentang Eisenhower: "Selama Perang Dunia Kedua, Burke secara keliru memimpin skuadron perusaknya ke ladang ranjau Jepang. Laksamana Halsey menelepon untuk menanyakan apa yang dia lakukan di ladang ranjau Jepang. 'Tiga puluh satu knot,' jawab Burke”.[7]

Tahun-tahun terakhir[sunting | sunting sumber]

Makam Arleigh Burke di Pemakaman Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat

Burke, dirinya keturunan Swedia, adalah perwakilan senior Amerika Serikat pada pemakaman Raja Gustaf VI Adolf dari Swedia pada tahun 1973.

Arleigh Burke meninggal pada tanggal 1 Januari 1996, di National Naval Medical Center di Bethesda, Maryland. Dia berusia 94 tahun pada saat meninggal dunia. Dia dimakamkan di Pemakaman Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat, di Annapolis, Maryland.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Remembring Arleigh Burke". navy.mil. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 February 2007. Diakses tanggal 18 December 2020. 
  2. ^ "NH 100262 Lieutenant Arleigh A. Burke, USN". navy.mil. Diakses tanggal 18 December 2020. 
  3. ^ a b c McFadden, Robert D. (1996-01-02). "Arleigh A. Burke Dies at 95; Naval Hero of World War II". New York Times. Diakses tanggal 2009-02-21. 
  4. ^ Destroyer History, Admiral Burke
  5. ^ Thomas 2007.
  6. ^ Potter 2005, hlm. 73.
  7. ^ Smith, Jean Edward (2012). Eisenhower in War and Peace. Random House. hlm. 660. ISBN 9780812982886.