Apache Software Foundation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Apache Software Foundation
Tanggal pendirian25 Maret 1999; 25 tahun lalu (1999-03-25)
Pendiri
Tipeorganisasi 501(c)(3)
FokusPerangkat lunak sumber terbuka
Lokasi
MetodeLisensi Apache
Pendapatan (2017)
Penurunan $917,000[1]
Situs webwww.apache.org

Apache Software Foundation (disingkat ASF) adalah sebuah perusahaan nirlaba (diklasifikasikan sebagai 501(c)3 di Amerika Serikat) untuk mendukung projek perangkat lunak Apache, termasuk Apache HTTP Server. ASF dibentuk dari Apache Group dan dibentuk di Delaware, Amerika Serikat, pada Juni 1999.

Apache Software Foundation adalah sebuah komunitas desentral dari para pengembang. Perangkat lunak yang mereka ciptakan disebarkan di bawah Lisensi Apache dan oleh karena itu merupakan sebuah perangkat lunak bebas / perangkat lunak sumber terbuka. Projek Apache dikarakterisasikan oleh sebuah pengembangan yang berbasiskan kerja sama dan konsensus dan lisensi perangkat lunak yang terbuka dan pragmatik. Setiap projek diatur oleh sebuah tim tehnik ahli yang dipilih sendiri yang merupakan penyumbang aktif kepada proyek tersebut. ASF adalah sebuah meritokrasi, menekankan bahwa keanggotaan fondasi ini diberikan hanya kepada penyumbang yang telah aktif menyumbang kepada proyek Apache.

Di antara tujuan ASF adalah memberikan perlindungan legal kepada sukarelawan yang kerja dalam proyek Apache, dan mencegah penggunaan nama Apache digunakan oleh organsisasi lain sebagai merk dagang tanpa izin.

ASF setiap tahunnya juga mengadakan beberapa konferens yang disebut ApacheCon, menekankan projek Apache, teknologi yang berhubungan, dan mengizinkan pengembang Apache untuk berkumpul bersama.

Proyek[sunting | sunting sumber]

Proyek Apache yang terkenal termasuk:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "APACHE SOFTWARE FOUNDATION". Nonprofit Explorer. ProPublica. Diakses tanggal 8 January 2020.