Anyelir merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Anyelir)
Anyelir
Bunga anyelir
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
D. caryophyllus
Nama binomial
Dianthus caryophyllus

Anyelir merah atau dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga anyelir memiliki warna yang terang dan berwarna-warni, sehingga sering digunakan sebagai hiasan. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray', banyak bunga pada setiap tangkai.

Tanaman Anyelir[sunting | sunting sumber]

Anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan (termasuk tumbuhan semusim). Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm dan biasanya membengkak pada buku/ruas.

Varian Warna Bunga Anyelir[sunting | sunting sumber]

Bunga anyelir memiliki beberapa jenis warna seperti, bunga anyelir warna putih, merah, ungu, kuning, merah muda, dan motif garis-garis.

Perawatan dan Penanaman Bunga Ayelir[sunting | sunting sumber]

Jenis anyelir satu tangkai digolongkan dalam ranah bunga Teluki sedangkan lebih dari satu bunga dalam satu tangkai disebut anyelir spray. Pembiitan dan penanaman dilakukan secara berkala dengan perawatan yang konsisten hingga masa pemanenan. Serangan hama dan cuaca harus diperhatikan. Keadaan air dan sirkulasi air harus diawasi dengan ketat agar kondisi kesegaran tanaman tetap terjaga.

Media Tanam Bunga Anyelir[sunting | sunting sumber]

Bunga yang memiliki nama latin Dianthus caryophyllus ini biasanya banyak ditanam dan dirawat di dalam pot atau di halaman rumah dengan perawatan yang terus-menerus. Penyiraman dilakukan secara rutin agar kelembapan tanah tidak hilang. Agar bunga bertahan lama, diperlukan campuran media tanah sebagai sumber nutrisi dan campuran media yang dapat menyerap dan menyimpan kandungan air.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]