Andrew Bonar Law

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Right Honourable
Andrew Bonar Law
Perdana Menteri Britania Raya
Masa jabatan
23 Oktober 1922 – 22 Mei 1923
Penguasa monarki George V
Didahului oleh David Lloyd George
Digantikan oleh Stanley Baldwin
Pemimpin Oposisi Britania Raya
Masa jabatan
13 November 1911 – 25 Mei 1915
Penguasa monarki George V
Perdana Menteri Herbert Henry Asquith
Didahului oleh Arthur Balfour
Digantikan oleh Kosong
selanjutnya dijabat oleh Edward Carson, Baron Carson pada 19 Oktober 1915
Menteri Keuangan Britania Raya
Masa jabatan
10 Desember 1916 – 10 Januari 1919
Perdana Menteri David Lloyd George
Didahului oleh Reginald McKenna
Digantikan oleh Austen Chamberlain
Menteri Urusan Koloni
Masa jabatan
25 Mei 1915 – 10 Desember 1916
Perdana Menteri Herbert Henry Asquith
David Lloyd George
Didahului oleh Lewis Vernon Harcourt, 1st Viscount Harcourt
Digantikan oleh Walter Long, 1st Viscount Long
Informasi pribadi
Lahir 16 September 1858
Rexton, New Brunswick (sekarang bagian dari Kanada)
Meninggal 30 Oktober 1923 (umur 65)
24 Onslow Gardens, Kensington, London, Britania Raya
Tempat persemayaman Westminster Abbey
Kebangsaan Britania Raya
Partai politik Konservatif
Suami/istri Annie Pitcairn Robley
Anak 6
Alma mater Universitas Glasgow
Profesi Bankir
Agama Presbiterianisme[1]
Tanda tangan

Andrew Bonar Law (lahir 16 September 1858 – meninggal 30 Oktober 1923 pada umur 65 tahun), atau biasa disebut Bonar Law, adalah seorang politisi Britania Raya dari Partai Konservatif yang pernah menjabat sebagai perdana menteri negara tersebut. Lahir di koloni New Brunswick (kini di Kanada), ia merupakan satu-satunya Perdana Menteri Britania Raya yang lahir di luar Kepulauan Britania.[2] Ia juga tercatat sebagai perdana menteri denganmasa jabatan tersingkat pada abad ke-20, yakni 211 hari. Jabatan yang lebih lama dipegangnya adalah posisi Pemimpin Partai Konservatif, sejak November 1911 hingga Maret 1921 dan sejak Oktober 1922 hingga Mei 1923. Di partai itu, ia memanfaatkan latar belakang bisnisnya untuk mendorong efisiensi dan organisasi yang lebih baik. Ketiadaan darah aristokrat pada dirinya juga membantu Bonar Law untuk menarik dukungan pelaku bisnis ke dalam partainya.

Law lahir di keluarga pendeta dari pedesaan dan istrinya di New Brunswick, di mana ia menghabiskan masa-masa awal hidupnya. Beberapa tahun setelah kematian ibunya pasa tahun 1861, ayahnya menikah lagi. Pada tahun 1870, Law pindah ke Helensburgh, Skotlandia untuk tinggal bersama keluarga saudara ibunya, Janet, yang menjalankan usaha bank yang sukses. Setelah menempuh pendidikan di Sekolah Larchfield di Hamilton dan Sekolah Tinggi Glasgow, Law meninggalkan pendidikan pada usia 16 tahun untuk meraih "pendidikan komersial" di perusahaan keluarganya. Beberapa tahun kemudian, perusahaan tersebut dijual sehingga karier Law pun terhambat. Melalui pinjaman pamannya, Law membeli kepemilikan sebuah firma perdagangan besi. Dengan kerja kerasnya, firma ini menjadi sukses, sehingga Law pun menjadi cukup kaya pada saat berusia 30 tahun.

Law pertama kali memasuki dunia politik di tahun 1897, ketika ia diminta untuk menjadi kandidat anggota parlemen Partai Konservatif untuk konstituensi Glasgow Bridgeton serta Glasgow Blackfriars dan Hutchensontown; ia akhirnya memilih Blackfriars. Walaupun Partai Liberal memegang mayoritas di wilayah tersebut, Law sukses duduk sebagai anggota parlemen untuk Blackfriars pada pemilihan umum 1999. Di Majelis Rendah, ia dikenal atas ingatan dan kemampuan berpidato yang baik, sehingga meraih bangku depan di parlemen. Sebagai pendukung reformasi tarif, ia pun dipercaya menduduki jabatan Parliamentary Secretary to the Board of Trade. Isu tarif memicu perpecahan di kalangan Konservatif dan mendorong pengunduran diri Perdana Menteri Arthur Balfour. Akibat pengunduran diri Balfour, pemilihan umum digelar pada tahun 1906 dan menempatkan Partai Konservatif sebagai golongan oposisi. Law terus berargumen terkait reformasi tarif di Parlemen dan di partai. Penunjukannya sebagai penasihat raja memantakan kariernya di garis depan Konservatif. Ketika pengunduran diri Balfour tampak jelas, Law mencalonkan dirinya sebagai Pemimpin Partai Konservatif dan menang.

Sebagai Pemimpin Partai Konservatif, Law memusatkan perhatiannya pada dua isu penting, yaitu reformasi tarif yang ia dukung, dan pemerintahan mandiri Irlandia yang ia tentang. Dalam kapasitasnya sebagai Pemimpin Oposisi, ia tidak memiliki kesempatan untuk membuat perubahan secara aktif, tetapi kampanye-kampanyenya, terutama terkait isu Irlandia, memperlambat usaha Partai Liberal mengesahkan undang-undang terkait. Masalah ini pada akhirnya ditunda akibat pecahnya Perang Dunia I.

Andrew Bonar Law meninggal dunia pada tanggal 30 Oktober 1923.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A. J. P. Taylor, English History, 1914–1945 (Oxford University Press, 1990), p. 204.
  2. ^ Hamilton, William Baillie (1996), Place names of Atlantic Canada, University of Toronto Press, hlm. 123, ISBN 978-0-8020-7570-3 
Didahului oleh:
David Lloyd George
Perdana Menteri Britania Raya
1922–1923
Diteruskan oleh:
Stanley Baldwin