Andrea Mantegna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
St. Jerome in the Wilderness, salah satu karya Mantegna yang paling awal.

Andrea Mantegna (143113 September, 1506) adalah seorang artis besar Renaissance lahir di sekitar Padua dekat Vicenza Italia. Ia adalah seorang putra dari Jacopo Bellini dan Saudara ipar dari Giovanni Bellini, ia tekun mempelajari arkeologi. Seperti banyak seniman lain pada saat itu, Mantegna berkesperimen dengan grafis yang perspektif.

Ketika ia berusia sekitar 10 tahun dia diadopsi oleh Francesco Squarcione, seorang guru seni di Padua. Keterampilan Mantegna sebagai seniman dikembangkan dengan cepat, dan pada usia 17 dia mendirikan bengkelnya sendiri, menyatakan bahwa ia tidak lagi memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan bakatnya

Mantegna tetap berada di Padua sampai 1459, dan kemudian Ludovico Gonzaga membujuknya untuk pindah ke Mantua. Dia bekerja untuk keluarga Gonzaga selama sisa hidupnya. Bagi mereka Mantegna menciptakan beberapa lukisannya terbesar. Dalam satu karya terkenal, yang disebut Kamera degli Sposi (ruang pernikahan), ia melukis dinding dan langit-langit ruang interior kecil, mengubahnya menjadi sebuah paviliun terbuka. Pada langit-langit kubah dicat terbuka ke langit, dengan laki-laki dicat dan wanita melihat ke bawah dari atas. Kamar ini menciptakan semacam ilusi menjadi sangat populer di era barok dari tahun 1600-an.Para altarpiece untuk Zeno di Verona San adalah salah satu karya Mantegna paling terkenal, seperti mural di Kamera degli Sposi (kamar pengantin) di Palazzo Ducale di Mantua (1468-1474). Komposisi Karyanya dan struktur telah menginspirasi banyak seniman.

Mantegna meninggal di Mantua pada 1506 dan menerima penghargaan khusus dengan memiliki sebuah kapel pemakaman di gereja Santa Andrea didedikasikan untuk menghormatinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]