Anan Ben David

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bintang Daud (Ibrani: Magen David) adalah simbol agama Yahudi.

Anan Ben David adalah seorang yang dianggap sebagai pendiri utama dari gerakan Karaite Yudaisme.[1] Pengikutnya disebut Ananites dan tidak percaya hukum lisan Yahudi rabinis, seperti Mishnah.[1] Dalam paruh kedua abad ketujuh dan abad kedelapan mulai muncul sejumlah besar sekte agama, khususnya di Persia, Babilonia (Irak), dan Suriah.[1] Tidak lama setelah sekte-sekte tersebut muncul, sekte baru juga muncul termasuk Isawites, Yudganites, Shadganites, Malakites, Mishawaites, dan lain-lain.[1] Anan Ben David memiliki peranan besar dalam mengurangi hilangnya sekte-sekte ini.[2] Ia mulai menonjol pada tahun 760, namun tidak lama setelah itu ia pun dipenjarakan oleh otoritas sipil karena ia mengaku telah membuat agama baru yang salah satu cirinya memiliki kesamaan dengan agama Islam.[2] Pada tahun 770, ia membuat sebuah tulisan yang menyatakan penolakannya terhadap Talmud dan para pendeta Yahudi.[2] Setelah kematian Anan, pengikutnya menetap di Yerusalem.[2] Akhirnya sekte ini berkembang menjadi sebuah aliran yang dikenal dengan Karaisme, yang juga menolak otoritas Talmud.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.261-262.
  2. ^ a b c d e (Inggris) Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.47.