Analisis pinch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Analisis Pinch adalah sebuah metodologi untuk memperkecil pemakaian energi dari proses kimia dengan menghitung target energi secara pasti menggunakan prinsip termodinamika yang dapat dicapai dengan mengoptimalkan sistem pemulihan panas, metode pasokan energi dan kondisi proses operasi. Metode ini juga disebut dengan teknologi pinch atau sebagai integrasi proses, integrasi panas, dan integrasi energi.

Metoda ini dimulai dengan mendata seluruh aliran panas dari unsur pemasok dan aliran dingin dari unsur pemakai energi dalam suatu proses. Data aliran panas dan aliran dingin ini kemudian digabungkan ke dalam suatu kurva yang dinamakan sebagai kurva komposit.[1] Titik terdekat antara kurva komposit aliran panas dan kurva komposit aliran dingin disebut dengan Titik Pinch.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Teknik ini pertama kali dikembangkan oleh seorang mahasiswa doktor yang bernama Bodo Linnhoff di bawah pengawasan Dr John Flower di Universitas Leeds pada akhir tahun 1977.[2] Pada tahun 1977 Linnhoff bergabung Imperial Chemical Industries (ICI) dan dia memimpin pengembangan aplikasi praktis dan metode lanjut. Pada tahun 1982 ia bergabung dengan Institut Teknologi Universitas Manchester (UMIST, sekarang bernama Universitas Manchester) untuk melanjutkan pengembangannya.[3] Pada tahun 1983 ia mendirikan sebuah perusahaan konsultasi yang dikenal dengan nama LinnhoffMarch International yang kemudian diakuisisi oleh KBC Energy Services.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pinch analysis". IPIECA.org. International Petroleum Industry Environmental Conservation Association. Diakses 14 Februari 2014. 
  2. ^ "A Dictionary of Chemical Engineering". Google eBook. Diakses 14 Februari 2014. 
  3. ^ "Handbook of Process Integration (PI): Minimisation Of Energy And Water Use, Waste And Emissions". Google eBuku. Diakses 14 Februari 2013. 
  4. ^ "Profile on enviromental expert". KBC Advanced Technologies plc. Diakses 14 Februari 2014. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Kemp, I.C. (2006). Pinch Analysis and Process Integration: A User Guide on Process Integration for the Efficient Use of Energy, 2nd edition. Butterworth-Heinemann. ISBN 0-7506-8260-4. (Edisi pertama: Linnhoff, 1982).
  • Shenoy, U.V. (1995). Heat Exchanger Network Synthesis: Process Optimization by Energy and Resource Analysis. Gulf Publishing Company, Houston, TX, USA. ISBN 0-88415-391-6.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]