Anaïs Nin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anaïs Nin
Anais Nin.jpg
Lahir 21 Februari 1903
Neuilly, Perancis
Meninggal 14 Januari 1977
Los Angeles, California
Pekerjaan Novelis, penulis buku harian

www.anaisnin.com

Anaïs Nin (dilafalkan /ana'i:s nin/ "ana-EESE neen") (21 Februari 1903 - 14 Januari 1977) adalah seorang pengarang kelahiran Perancis keturunan Catalunya dan Denmark. Ia dikenal atas kumpulan buku hariannya yang dimulai sejak ia berusia 11 tahun dan berakhir tak lama sebelum kematiannya.

Setelah kematian Anaïs Nin dan suami pertamanya, Hugh Guiler, suami keduanya, Rupert Pole, memberikan wewenang penerbitan kumpulan buku hariannya yang tidak disensor, yang menarik perhatian dan pujian banyak orang.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Anaïs Nin dilahirkan di Neuilly, Perancis. Setelah kedua orangtuanya berpisah, ibunya membawa Anaïs dan dua saudara lelakinya, Thorvald Nin dan Joaquin Nin-Culmell ke New York City. Pada usia remaja, Nin meninggalkan pendidikan formal dan mulai bekerja sebagai seorang model.

Pada tahun 1923, ia menikah dengan Hugh Parker Guiler. Mereka kemudian pindah ke Paris, Perancis pada tahun berikutnya. Di sana Guiler mengembangkan kariernya di bank dan Nin mulai mengembangkan minatnya dalam tulis-menulis. Karya yang pertama ia terbitkan merupakan sebuah evaluasi kritis terhadap D. H. Lawrence yang berjudul D. H. Lawrence: An Unprofessional Study. Ia juga menjelajahi bidang psikoterapi, belajar di bawah bimbingan tokoh-tokoh seperti Otto Rank, seorang murid Sigmund Freud.

Pada 1954 Nin muncul dalam film karya Kenneth Anger, Inauguration of The Pleasure Dome, sebagai Astarte serta dalam film Maya Deren, Ritual in Transfigured Time.

Buku harian[sunting | sunting sumber]

Anaïs Nin dikenal luas sebagai penulis buku harian. Nin mengenal, seringkali dengan cukup akrab, sejumlah pengarang, seniman, dan psikoanalis terkemuka - di antara berbagai tokoh lain pada masa itu. Buku-buku hariannya menggambarkan tokoh-tokoh tersebut dengan kedalaman analisis dan kejujuran deskripsi yang luar biasa. Lebih dari itu, sebagai seorang pengarang perempuan yang menggambarkan terutama konstelasi maskulin kaum selebritis, buku-buku harian Nin memberikan perspektif penyeimbang yang penting.

Tulisan-tulisan erotis[sunting | sunting sumber]

Anaïs Nin dipuji oleh banyak kritikus sebagai salah satu penulis erotika perempuan yang terbaik. Ia adalah salah satu perempuan pertama yang benar-benar menjajaki dunia penulisan erotika, dan jelas merupakan salah satu perempuan terkemuka pertama di Eropa modern yang menulis erotika. Sebelum dia, erotika yang ditulis oleh kaum perempuan tidak terdengar, kecuali oleh beberapa pengarang seperti Kate Chopin. Nin, yang diperhadapkan dengan situasi keuangan yang mendesak, menulis cerita-cerita dalam Delta of Venus dengan bayaran satu dolar per halaman pada tahun 1940-an.

Ia menganggap tokoh-tokoh dalam erotikanya sebagai karikatur yang ekstrem dan tidak pernah memaksudkan erotikanya diterbitkan. Karyanya tergolong eksplisit untuk masanya. Dalam buku-buku hariannya yang tidak disensor, ia menulis tentang hubungan dengan ayahnya serta pengalaman seksualnya yang lain.

Nin adalah sahabat, dan dalam hal tertentu, kekasih, dari banyak tokoh sastra terkemuka, termasuk Henry Miller, Edmund Wilson, Gore Vidal, James Agee, dan Lawrence Durrell. Hubungan cintanya dan persahabatannya dengan Miller memiliki pengaruh besar pada dirinya sebagai seorang perempuan dan seorang pengarang. Sebagai seorang biseksual, Nin juga diduga terlibat dalam hubungan dengan istri Miller, June Miller, meskipun ia tidak "secara resmi" mengungkapkan bahwa ia mempunyai hubungan khusus, seperti yang digambarkan dalam film Kaufman, Henry & June. [1]

Pada tahun 1973, Anaïs Nin memperoleh gelar doktor kehormatan dari Philadelphia College of Art. Ia terpilih menjadi anggota Institut Nasional untuk Seni dan Sastra pada tahun 1974. Anaïs Nin meninggal dunia karena kanker di Los Angeles, California pada tanggal 14 Januari 1977. Jenazahnya dikremasikan dan abunya ditebarkan di Teluk Santa Monica.

Pada tahun 1990, Philip Kaufman membuat film berdasarkan novel karya Nin yang berjudul Henry & June, diambil dari The Journal of Love — The Unexpurgated Diary of Anaïs Nin, 1931-1932. Film ini dibintangi oleh Maria de Medeiros yang berperan sebagai Nin, Fred Ward sebagai Henry Miller, dan Uma Thurman sebagai June. Ia sering dikutip mengatakan bahwa ilhamnya sebagai pengarang muncul dari warisan pengarang Djuna Barnes.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]