Amor dan Humor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Amor dan Humor
SutradaraUsmar Ismail
ProduserUsmar Ismail
Ditulis olehUsmar Ismail
PemeranRendra Karno
Bing Slamet
Rima Melati
Bambang Irawan
Baby Huwae
Ateng
Mansjur Syah
SinematograferMax Tera
Tanggal rilis
1961
Durasi86 menit

Amor dan Humor adalah film drama romantis komedi berdurasi 86 menit yang naskahnya ditulis dan disutradarai oleh Usmar Ismail. Film ini dirilis pada tahun 1961.[1] Film yang dibintangi antara lain oleh Rendra Karno, Bing Slamet, Rima Melati, Bambang Irawan, Ateng, Mansjur Syah, dan Baby Huwae ini masuk dalam program digitalisasi Pusat Pengembangan Film pada tahun 2018.[2]

Amor dan Humor masih berformat hitam putih. Film ini tayang pada peringatan Hari Film Nasional 2021 yang diadakan oleh Kineforum.[3]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di Gelanggang Dagang di Jakarta, seorang pria plaboy dan berpakaian parlente bernama Herman (Rendra Karno) sering berkunjung ke stan-stan yang ada di sana, terutama yang dijaga oleh pramuniaga perempuan. Ia suka menggoda pramuniaga cantik (Baby Huwae) yang menjaga stan pakaian. Padahal pramuniaga tersebut telah memiliki kekasih seorang wartawan (Bambang Irawan). Karena kesal, pramuniaga tersebut memintanya berhenti mengganggunya. Sementara itu di tempat tersebut datang fotografer pemula yang muda dan cantik (Rima Melati). Kehadirannya membuat para wartawan berupaya menarik perhatiannya.

Sementara itu ada trio pemuda (Ateng, Bing Slamet, dan Mansjur Sjah) yang suka berbuat iseng dan melawak. Mereka suka mencobai produk, dari mobil mewah, mesin jahit, hingga baju perempuan. Kadang-kadang mereka juga bernyanyi. Ulah mereka menarik perhatian pengunjung, hingga suatu ketika mereka berbuat hal yang berlebihan dan membuat si wartawan mencurigai mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Koleksi Film Karya Usmar Ismail - Situs Web Kepustakaan Seri Tokoh Perfilman Indonesia". usmar.perfilman.perpusnas.go.id. Diakses tanggal 2021-04-17. 
  2. ^ "Amor dan Humor (1961)". filmindonesia.or.id. Diakses tanggal 2021-04-17. 
  3. ^ "Amor, Humor, Usmar". Kineforum. Diakses tanggal 2021-04-17.