Amerisentrisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta yang menempatkan Amerika Serikat di tengah

Amerisentrisme adalah pemikiran atau kecenderungan untuk menilai kebudayaan atau bangsa lain berdasarkan standar Amerika Serikat atau persepsi Amerika Serikat dalam berita. Istilah ini mengacu pada praktik etnosentris dalam memandang dunia secara eksplisit dari sudut pandang A.S. dengan keyakinan tersirat akan preeminens kebudayaan Amerika Serikat secara sadar atau tidak sadar.[1]

Istilah ini sering disalahdampingkan dengan eksepsionalisme Amerika Serikat, pemikiran bahwa Amerika Serikat berbeda dengan negara lain karena mengemban misi khusus berupa penyebaran kebebasan dan demokrasi di dunia.

Media[sunting | sunting sumber]

Sejumlah jaringan televisi A.S. dianggap memiliki bias Amerisentris dalam pemilihan bahan beritanya.[2] Beberapa selebritis A.S. dianggap memiliki sudut pandang Amerisentris.

Wikipedia bahasa Inggris dituduh mengidap Amerisentrisme karena lebih mengutamakan sumber-sumber dari A.S. dan menganggap sumber-sumber non A.S. sebagai sumber bias, serta lebih berfokus pada sejarah dan opini A.S. dalam berbagai artikel.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Perspektif geokultural

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ NI, Chun-yan (2008). "Analysis of ethnocentrism" (PDF). US-China Foreign Language. hlm. 78. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-12-03. Diakses tanggal March 20, 2009. 
  2. ^ Kaufman, King (August 20, 2004). "King Kaufman's Sports Daily". Salon. Salon Media Group. Archived from the original on 2011-02-09. Diakses tanggal 2015-06-03. 
  3. ^ http://www.zdnet.com/wikipedia-accused-of-us-centric-bias-3039292772/