American Airlines Penerbangan 77

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jalur penerbangan AA 77 dari Dulles ke Arlington

Penerbangan 77 maskapai American Airlines adalah sebuah penerbangan rutin dari Bandara Internasional Washington Dulles di Fairfax dan Loudoun Counties, Virginia, dekat Washington, D.C., menuju ke Bandara Internasional Los Angeles di Los Angeles, California. Pada 11 September 2001, pesawat Boeing 757-223, N644AA, ini dibajak sebagai bagian dari rangkaian Serangan 11 September 2001.

Para pembajak dilaporkan bernama Khalid al-Mihdhar, Majed Moqed, Nawaf al-Hazmi, Salem al-Hazmi, dan Hani Hanjour sang pilot bunuh diri.

Kronologi[sunting | sunting sumber]

Pada pukul 9:37 waktu setempat, pesawat ini ditabrakkan ke gedung Pentagon, markas besar Tentara Amerika Serikat dan menewaskan semua yang berada di pesawat: 6 awak dan 58 penumpang termasuk para pembajak. Di darat, mereka menewaskan 125 karyawan dan tamu The Pentagon.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Beberapa kalangan membantah bahwa peristiwa tabrakan Penerbangan 77 milik American Airlines pernah terjadi. Mereka berpendapat bahwa yang meledak di Pentagon adalah bom biasa dan peristiwa ini didalangi oleh pemerintah Amerika Serikat sendiri atau oknum-oknum tertentu.

Atau paling tidak yang menabrak bukanlah pesawat Boeing melainkan mungkin pesawat kecil saja.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]