Amedeo Avogadro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Amedeo Avogadro
Avogadro Amedeo.jpg
Lahir Lorenzo Romano Amedeo Carlo Avogadro di Quaregna e di Cerreto
9 Agustus 1776
Torino, Italia
Meninggal 9 Juli 1856 (umur 79)
Torino, Italia
Kebangsaan Italia
Bidang Fisika
Institusi Universitas Torino
Dikenal karena Hukum Avogadro
Bilangan Avogadro

Lorenzo Romano Amedeo Carlo Avogadro di Quaregna e di Cerreto, Hitung dari Quaregna dan Cerreto (lahir di Torino, Italia, 9 Agustus 1776 – meninggal di Torino, Italia, 9 Juli 1856 pada umur 79 tahun) adalah seorang ilmuwan Italia. Ia paling terkenal karena kontribusinya untuk teori molekul, termasuk apa yang dikenal sebagai hukum Avogadro. Sebagai upeti dan apresiasi kepadanya, jumlah entitas dasar (atom s, molekul s, ion s atau partikel lain) dalam 1 mol suatu zat, dikenal sebagai Avogadro konstan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Amedeo Carlo Avogadro lahir di Turin, Italia pada tahun 1776 dari sebuah keluarga mulia Piedmont, Italia.

Dia lulus pada hukum gerejawi di awal usia 21 dan mulai berlatih. Segera setelah itu, ia mendedikasikan dirinya untuk fisika dan matematika (kemudian disebut filsafat positif), dan pada tahun 1809 mulai mengajar mereka di liceo (SMA) di Vercelli , di mana keluarganya memiliki properti.

Pada 1811, ia menerbitkan sebuah artikel dengan judul Essai d'une Maniere de penentu les massa kerabat des molekul élémentaires des korps, et les proporsi selon lesquelles elles entrent dans ces Combinaisons ("Essay on Menentukan Misa Relatif Molekul Dasar Badan dan Proporsi oleh Yang Mereka Masukkan ini Kombinasi "), yang berisi hipotesis Avogadro. Avogadro mengajukan esai ini ke jurnal Perancis, Jean-Claude Delamétherie itu Journal de Physique, de Chimie et d'Histoire naturelle ( Jurnal Fisika, Kimia dan Sejarah Alam) sehingga ditulis dalam bahasa Prancis, tidak Italia. (Catatan: France efektif mengendalikan Italia utara 1796-1814.)

Pada tahun 1820, ia menjadi profesor fisika di University of Turin. Setelah kejatuhan Kaisar Perancis Napoleon pada 1815, Piedmont lagi berada di bawah kendali Raja Piedmont-Sardinia, yang berkuasa dari Turin.

Avogadro aktif dalam gerakan revolusioner 1821 melawan Raja Victor Emmanuel I. Akibatnya, ia kehilangan kursinya pada tahun 1823 (atau, sebagai universitas resmi dideklarasikan, ia " sangat senang untuk membiarkan ini ilmuwan menarik untuk beristirahat dari tugas mengajar berat, agar dapat memberikan perhatian yang lebih baik untuk penelitiannya ").

Akhirnya, Raja Charles Albert diberikan Konstitusi ( Statuto Albertino) pada tahun 1848. Nah sebelum ini, Avogadro telah dipanggil kembali ke universitas di Turin pada 1833, di mana ia mengajar selama dua puluh tahun.

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadi Avogadro, yang tampaknya telah sadar dan agama. Ia menikah Felicita Mazze dan memiliki enam anak.

Beberapa sejarawan menyatakan bahwa ia mensponsori beberapa revolusioner Sardinia, yang dihentikan oleh pengumuman konstitusi Charles Albert.

Avogadro menduduki jabatan berurusan dengan statistik, meteorologi, dan bobot dan ukuran (dia memperkenalkan sistem metrik ke Piedmont) dan merupakan anggota dari Royal Dewan Tinggi Instruksi Publik.

Untuk menghormati kontribusi Avogadro teori molekul, jumlah molekul dalam satu mol bernama bilangan Avogadro, N A atau "konstanta Avogadro". Ini adalah sekitar 6.0221415 × 10 23 . Bilangan Avogadro digunakan untuk menghitung hasil reaksi kimia. Hal ini memungkinkan ahli kimia untuk menentukan jumlah zat yang dihasilkan dalam reaksi yang diberikan untuk gelar besar akurasi.

Johann Josef Loschmidt pertama kali dihitung nilai bilangan Avogadro, sering disebut sebagai Loschmidt nomor di negara-negara berbahasa Jerman (Loschmidt konstan sekarang memiliki makna lain).

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Hukum Avogadro menyatakan bahwa hubungan antara massa dari volume yang sama dari gas yang berbeda (pada suhu dan tekanan yang sama) sesuai dengan hubungan antara berat molekul masing-masing. Oleh karena itu, massa molekul relatif gas dapat dihitung dari massa sampel volume diketahui.

Avogadro mengembangkan hipotesis ini setelah Joseph Louis Gay-Lussac telah diterbitkan pada tahun 1808 hukumnya pada volume (dan menggabungkan gas). Masalah terbesar Avogadro harus menyelesaikan adalah kebingungan pada waktu itu tentang atom dan molekul. Salah satu kontribusinya yang paling penting jelas membedakan satu dari yang lain, menyatakan bahwa gas yang terdiri dari molekul, dan molekul ini terdiri dari atom. Misalnya, John Dalton tidak mempertimbangkan kemungkinan ini. Avogadro tidak benar-benar menggunakan kata "atom" sebagai kata-kata "atom" dan "molekul" yang digunakan hampir tanpa perbedaan. Dia percaya bahwa ada tiga jenis "molekul," termasuk "molekul dasar" ("atom" kami). Juga, lebih banyak perhatian diberikan kepada definisi massa, yang dibedakan dari berat.

Pada tahun 1815, ia menerbitkan Memoire sur les massa kerabat des molekul des korps simples, ou densités présumées de leur gaz, et sur la konstitusi de quelques-uns de leur menyusun, tuangkan servir de Suite à l'Essai ia besar haram khor ur le même sujet, publié dans le Journal de Physique, juillet 1811 ("Catatan pada Misa Relatif Molekul Dasar, atau disarankan Densitas Gas mereka, dan pada Konstituen dari Beberapa Senyawa mereka, Sebagai Tindak Lanjut Essay on Sama Subyek, Diterbitkan dalam Journal of Physics, Juli 1811 "), tentang kepadatan gas.

Pada tahun 1821 ia menerbitkan kertas lain, Nouvelles pertimbangan sur la Théorie des proporsi déterminées dans les Combinaisons, et sur la Penentuan des massa molekul des des korps ( Pertimbangan baru pada Teori Proporsi Ditentukan Kombinasi, dan Penetapan dari Massa Atom) dan tak lama setelah itu, Memoire sur la Maniere de ramener les menyusun organiques aux lois Ordinaires des proporsi déterminées ( Catatan pada Ragam Menemukan Komposisi Organik oleh Hukum Biasa Proporsi Bertekad ).

Pada tahun 1841, ia menerbitkan karyanya dalam Fisica dei corpi ponderabili, ossia trattato della Costituzione Materiale de 'corpi, 4 jilid.

Respon untuk teori[sunting | sunting sumber]

Komunitas ilmiah tidak memberikan perhatian besar terhadap teorinya, sehingga hipotesis Avogadro tidak segera diterima. André-Marie amper mencapai hasil yang sama tiga tahun kemudian dengan metode lain (dalam bukunya Sur la Penentuan des proporsi dans les lesquelles korps se combinent d'après le nombre et la disposisi masing des molekul dont leurs particules intégrantes sont composées dan pada Penentuan proporsi di mana Badan Gabungkan menurut Nomor dan disposisi masing-masing dari molekul oleh yang Partikel Integral mereka Are Made), namun ketidakpedulian yang sama adalah terbukti teorinya juga.

Hanya melalui studi berdasarkan Charles Frédéric Gerhardt dan Auguste Laurent pada organik kimia adalah mungkin untuk menunjukkan bahwa hukum Avogadro menjelaskan mengapa jumlah yang sama dari molekul dalam suatu gas yang memiliki volume yang sama.

Sayangnya, percobaan terkait dengan beberapa bahan anorganik menunjukkan pengecualian tampak dengan hukum. Hal ini akhirnya diselesaikan oleh Stanislao Cannizzaro, seperti yang diumumkan pada Karlsruhe Kongres pada tahun 1860, empat tahun setelah kematian Avogadro. Dia menjelaskan bahwa pengecualian ini adalah karena dissociations molekul pada suhu tertentu, dan bahwa hukum Avogadro ditentukan tidak hanya massa molekul, tetapi massa atom juga.

Pada tahun 1911, pertemuan di Turin memperingati ulang tahun keseratus dari penerbitan klasik kertas Avogadro 1811. Raja Victor Emmanuel III menghadiri. Dengan demikian, kontribusi yang besar Avogadro untuk kimia diakui.

Rudolf Clausius, dengan teori kinetik pada gas, memberi konfirmasi lain Hukum Avogadro. Jacobus Henricus van 't Hoff menunjukkan bahwa teori Avogadro juga diadakan dalam solusi encer.

Avogadro dipuji sebagai pendiri teori atom-molekul.