Amarapura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kota Amarapura

Amarapura adalah sebuah kota di Myanmar. Kota ini merupakan bekas ibukota dari Kerajaan Burma. Amarapura dibatasi oleh sungai Irrawaddi di barat, kota Chanmyathazi di utara, dan situs ibukota kuno Ava (Inwa) di selatan. Amarapura adalah ibukota Myanmar dua kali selama periode Konbaung (1783-1821 dan 1842-1859) sebelum akhirnya digantikan oleh Mandalay yang terletak 11 km sebelah utara pada tahun 1859. Ini secara historis disebut sebagai Taungmyo (Kota Selatan) dalam kaitannya dengan Mandalay. Amarapura hari ini adalah bagian dari Mandalay, sebagai akibat dari urbanisasi . Saat ini Amarapura dikenal sebagai penghasil sutra, katun tenun , dan kerajinan perunggu.

Ini adalah tujuan wisata populer dari Mandalay. Amarapura berarti Kota Keabadian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Amarapura didirikan oleh Raja Bodawpaya dari Dinasti Konbaung . Ia mendirikan Amarapura sebagai ibukota baru pada bulan Mei 1783. Ibukota baru menjadi pusat reformasi Buddha dan pendidikan. Pada tahun 1800, pendeta Buddha dari Sri Lanka memperoleh penahbisan yang lebih tinggi di kota ini dan mendirikan Amarapura Nikaya (Amarapura sekte).

Cucu Bodawpaya, Raja Bagyidaw memindahkan ibukota kembali ke Ava pada bulan November 1821. Bagyidaw penerus Raja Tharrawaddy lagi memindahkan ibukota kerajaan kembali ke Amarapura pada bulan Februari 1842.[1] Pada bulan Februari 1857, Raja Mindon mulai membangun Mandalay sebagai ibukota barunya kota, 11 km sebelah utara dari Amarapura. Dengan harta kerajaan habis oleh Perang Kedua Anglo-Burma tahun 1852, Mindon memutuskan untuk menggunakan kembali sebagai banyak bahan dari Amarapura mungkin dalam pembangunan Mandalay. Bangunan istana dibongkar dan pindah oleh gajah ke lokasi baru, dan tembok-tembok kota ditarik ke bawah untuk digunakan sebagai bahan bangunan untuk jalan dan kereta api. Bagian dari parit masih dikenali dekat Biara Bagaya . Kota ini secara resmi berhenti menjadi ibukota pada 23 Mei 1859 ketika Mandalay mengambil alih peran itu.[2]

Photo[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maung Maung Tin Vol. 3 1905: 33
  2. ^ Maung Maung Tin Vol. 3 1905: 193

Bacaan[sunting | sunting sumber]