Alun-alun Tartini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alun-alun Tartini

Alun-alun Tartini (bahasa Slovenia: Tartinijev trg, bahasa Italia: Piazza Tartini bahasa Inggris: Tartini Square) adalah alun-alun terbesar dan utama di kota Piran, Slovenia. Alun-alun Tartini diambil dari nama pemain biola dan komposer Giuseppe Tartini, di alun-alun ini terdapat monumen yang dibuat pada tahun 1896.

Patung Giuseppe Tartini

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Alun-alun dulunya adalah dermaga untuk kapal-kapal kecil seperti kapal nelayan, dan terletak di luar tembok kota. Pada Abad Pertengahan, dermaga dikelilingi oleh bangunan penting dan istana, menjadikannya sebagai situs penting dari kota tersebut. Namun, karena pembuangan limbah berakhir di sana, para pejabat memutuskan untuk mengubur dermaga dan membuat alun-alun di sana pada tahun 1894. Kemudian bangunan-bangunan baru muncul, satu-satunya bangunan yang masih memiliki eksterior asli adalah rumah Gothik bernama Benečanka.

Dari tahun 1909 hingga 1912, jalur bus listrik dibuat yang menghubungkan Piran ke stasiun kereta api di Lucija di mana jalur kereta api Parenzana dibuat, yang menghubungkan Trieste dan Poreč dengan berbagai kota-kota lain. Setelah tahun 1912, bus listrik digantikan oleh trem agar lebih efisien, yang beroperasi sampai tahun 1953 ketika trem tersebut dihapuskan. Setelah trem disingkirkan, renovasi besar alun-alun terjadi, ketika sebuah platform elips terbentuk dari batu putih, dirancang oleh arsitek Boris Podrecca.

Sekarang[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi beberapa perubahan untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi di dalam alun-alun untuk mendukung pariwisata, sehingga selama 1 Juli - 1 September tidak ada kendaraan yang diperbolehkan untuk parkir di dalam alun-alun, melainkan mereka harus parkir di tempat parkir kota di Fornače. Ada juga mini bus gratis yang menghubungkan Piran ke berbagai kota-kota pesisir lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°31′42.66″N 13°34′6.22″E / 45.5285167°N 13.5683944°E / 45.5285167; 13.5683944