Alphege

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah gambar yang menceritakan St. Alphege sedang dimintai nasihat.

Alphege adalah seorang Santo yang dilahirkan di Inggris dalam sebuah keluarga bangsawan.[1] Alphege diangkat menjadi Uskup di Kota Winchester pada tanggal 19 Oktober 984.[2] Selama menjadi Uskup, ia bertanggung jawab atas pembuatan sebuah orgel besar di Katedral yang suaranya dapat terdengar hingga 1 mil jauhnya dan membutuhkan 24 orang untuk memainkannya, melakukan pembesaran gedung gereja, serta mengajarkan pengajaran Swithun.[1] Pada tahun 994, serbuan bangsa Viking yang dipimpin oleh Olaf Tryggvason mencapai gencatan senjata yang diprakarsai oleh Alphege.[3] Pada tahun 1006, Alphege diangkat menjadi Uskup Agung di Canterbury.[2] Selama di Canterbury, ia memperkenalkan kultus Dunstan dan memberi perintah bagi penulisan buku berjudul "The Second Life of Dunstan", sebuah tugas yang diemban oleh Adelard antara tahun 1006 hingga 1011.[1] Pada tahun 1011, orang-orang Danes menyerbu Canterbury dan berhasil menangkap Alphege. [4] Ia dibunuh pada tahun 1012 di Greenwich karena tidak mau membayar tebusan bagi pembebasannya.[5] Ia dikuburkan di Katedral St. Petrus.[1] Ia dimasukkan ke dalam daftar santo pada tanggal 1078 oleh Paus Gregorius VII.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris)William Leeson Dickinson.2008.The lives of the saints, or, Notes ecclesiological and historical on the holy days of the English Church.Princeton:Church Printing Co.
  2. ^ a b (Inggris) E.B. Fryde, D.E. Greenway, S. Porter, I. Roy.1996.Handbook of British Chronology (Third revised ed).CUK: Cambridge University Press.
  3. ^ Henrietta Leyser.2004.Oxford Dictionary of National Biography (October 2006 ed.). Oxford University Press.
  4. ^ (Inggris) Ann Williams.2003.Aethelred the Unready: The Ill-Counselled King.London: Hambledon & London.
  5. ^ Geoffrey Hindley.2006. A Brief History of the Anglo-Saxons: The Beginnings of the English Nation.New York: Carroll & Graf.
  6. ^ John P. Delaney.1980. Dictionary of Saints (Second ed.).Garden City, NY: Doubleday.