Alkuin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Alkuin

Santo Alkuin (bahasa Latin: Alcuinus) atau Ealhwine, memiliki nama panggilan Albinus atau Flaccus adalah seorang pendidik, pengkhotbah, penyair dan guru dari York, Northumbria.[1] Dia dilahirkan sekitar tahun 735.[1] Alkuin menjadi pelajar di Ecgbert di York.[1] Atas undangan dari Charlemagne atau Kaisar Karel Agung, dia menjadi menteri pendidikan di seluruh kekaisaran dan guru pada sekolah Carolingian.[1][2] Dia adalah seorang tokoh yang sangat berpengaruh pada kebangkitan era Carolingian.[1] Ia menulis banyak buku dan memperbaharui tatacara hidup membiara.[2] Santo Alkuin meninggal dunia pada 19 Mei 1804.[2] Hari kematiannya itu diperingati sebagai hari perayaannya yang jatuh pada 19 Mei.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris)David Farmer. 1997. The Oxford Dictionary of Saints . New York: Oxford University Press. P. 22-23.
  2. ^ a b c d Mgr. Nicolaas Martinus Schneiders, CICM, Orang Kudus Sepanjang Tahun, disunting oleh: Drs. Michael Benyamin Mali, Penerbit OBOR, cetakan ke-VII, bulan Mei 2004. Hlm. 242.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]