Alkitab Gutenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kopian dari Kitab Gutenberg.

Alkitab Gutenberg atau Kitab Gutenberg (juga dikenal sebagai Alkitab 42 baris, Alkitab Mazarin atau B42) adalah versi cetakan terjemahan kitab suci dalam bahasa Latin oleh Johannes Gutenberg, di Mainz, Jerman pada abad ke-15. Dipercaya sekitar 180 kopi Kitab ini telah diproduksi, 135 pada kertas dan 45 pada Vellum.[1]

Alkitab 36 baris atau "Alkitab Bamberg" juga kadang-kadang disebut sebagai Alkitab Gutenberg, tetapi mungkin merupakan karya mesin cetak lainnya. Alkitab yang ini merupakan edisi cetak yang kedua setelah Alkitab Gutenberg.

Salinan yang selamat[sunting | sunting sumber]

Pada 2009, sebanyak 47 atau 48 Alkitab Gutenberg diketahui masih ada, tapi hanya 21 saja yang utuh. Lainnya memiliki lembaran-lembaran yang hilang atau bahkan ada yang keseluruhan isinya hilang.

Negara yang memiliki paling banyak salinan adalah Jerman, yakni ada 12, sementara Amerika Serikat ada 11 dan Britania Raya ada 8. New York memiliki 4 salinan, Paris dan London masing-masing memiliki 3, dan Mainz, Vatikan dan Moskow masing-masing memiliki 2 salinan.

Ada 12 salinan pada vellum, walaupun hanya 4 dari salinan jenis ini yang lengkap dan hanya ada satu dari Perjanjian Baru saja.

Institusi yang memiliki salinan pada pajangan permanen termasuk Museum Gutenberg di Mainz, Perpustakaan British dan Perpustakaan Kongres.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ British Library, Making the Bible: how many

Pranala luar[sunting | sunting sumber]