Alexander Dalrymple

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Alexander Dalrymple (lahir 24 Juli 1737 – meninggal 19 Juni 1808 pada umur 70 tahun) adalah ahli geografi asal Skotlandia dan ahli hidrografi pertama Angkatan Laut Britania Raya. Dia adalah pendukung teori yang menyatakan bahwa terdapat benua yang luas dan belum ditemukan di Pasifik Selatan, Terra Australis Incognita. Dia menghasilkan ribuan diagram nautika yang memetakan sejumlah laut dan samudra untuk kali pertama dan berperan penting bagi keamanan pelayaran. Teorinya menghantarkan sejumlah ekspedisi dalam pencarian tanah mitos ini, hingga penjelajahan kedua James Cook (1772–1775) mengarah pada kesimpulan yang diharapkan, jika memang ada, pastilah ia lebih selatan daripada 65° LS.

Dalrymple dilahirkan di New Hailes, dekat Edinburgh, anak ke-7 dari 16 bersaudara, putera dari Sir James Dalrymple dan isterinya yang merupakan puteri dari Earl dari Haddington. Dia pergi ke London pada tahun 1752 dan diangkat menjadi seorang penulis di Perusahaan Hindia Timur Britania (EIC), yang pertama dikirim ke Madras. Ketika menyertai EIC dia tertarik dengan kemungkinan perdagangan dengan Hindia Timur dan Cina dan secara beruntun merundingkan sebuat traktat dengan Sultan Sulu dan mengunjungi Kanton semasih berusia 22 tahun. Pada tahun 1765 dia kembali ke London di mana dia terpilih sebagai anggota Royal Society. Di sana dia menjadi akrab dengan John Smeaton, yang selama masa penelitiannya terhadap kincir angin dan merancang skala deskriptif untuk mengelompokkan laju angin. Skala ini disertakan ke dalam makalah itu, sehingga dia dianugerahi Copley Medal. Dalam Mendefinisikan Angin: Skala Beaufort dan Bagaimana seorang Laksamana Abad ke-19 beralih dari Ilmu Pengetahuan ke Puisi, sang penulis, Scott Huler menghubungkan bahwa pelayaran yang dilakukan Dalrymple telah meyakinkannya bahwa skala baku untuk mengukur laju angin di laut akan menjadi hal yang sangat berharga bagi para pelaut, dan bahwa dia telah menyertakan skala Smeaton di dalam karyanya Ilmu Pelayaran Praktis, yang ditulis sekitar tahun 1790 tetapi tidak pernah diterbitkan. Diyakini bahwa Dalrymple menyampaikan informasi ini kepada Francis Beaufort yang kemudian menyempurnakan skala angin yang mengabadikan namanya dan skala itu masih digunakan hingga kini.

Ketika menerjemahkan beberapa naskah berbahasa Spanyol yang ditemukan di Filipina pada tahun 1752 Dalrymple menemukan kesaksian Luis Váez de Torres yang membuktikan bagian selatan Pulau Papua yang kini dikenal sebagai Selat Torres. Penemuan ini telah memicu Dalrymple untuk menerbitkan Kumpulan Bersejarah Beberapa Pelayaran dan Penemuan di Samudra Pasifik Selatan pada tahun 1770-1771 yang membangkitkan minat secara meluas dalam klaimnya tentang keujudan benua yang belum diketahui. Ini memandu Kapten Cook untuk memimpin pelayaran lainnya ke Pasifik Selatan. Dia kecewa bahwa Kapten Cook yang diangkat menjadi komandan penjelajahan, bukan dirinya yang sebenarnya ditugasi hal serupa pada tahun 1770 untuk kepentingan Britania Raya dan berjaya menemukan pesisir timur Australia.

Pada tahun 1782 dia dipilih menjadi anggota internasional Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Australian Dictionary of Biography. Vol.1 :1788-1850. 1966 Melbourne University Press.
  • Dalrymple, Alexander (ca. 1790). Ilmu Pelayaran Praktis. Printer's proof. Perpustakaan Nasional Skotlandia, shelfmark Nha.M90 (3)
  • Friendly, Alfred. Beaufort Angkatan Laut Britania Raya. New York. Random House, 1977
  • Huler, Scott (2004). Mendefinisikan Angin: Skala Beaufort, dan Bagaimana seorang Laksamana Abad ke-19 beralih dari Ilmu Pengetahuan ke Puisi. Crown. ISBN 978-1-4000-4884-7