Albert Pell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Albert Pell (12 Maret 1820 – 7 April 1907) adalah seorang pengacara dan politisi Partai Konservatif asal Inggris.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Pell lahir pada 1820, putra tertua Sir Albert Pell, seorang hakim dari Pengadilan Kepailitan dan Margaret Letitia Matilda St John, putri dari John St John, Baron St John Bletso ke-12. Pell mengambil pendidikan di Sekolah Rugbi sebelum melanjutkan sekolah tinggi di Trinity College, Cambridge pada 1839.[1] Saat di Cambridge, Pell memperkenalkan permainan rugbi ke Universitas, dan menjelaskan dalam otobiografinya tentang kesulitannya dalam membentuk tim.[2]

Pell mendapatkan gelar MA pada 1842, dan di tahun yang sama diterima di Inner Temple pada 1 Juni.[1]

Pada 8 September 1846, Pell menikah dengan Elizabeth Barbara Halford, yang merupakan sepupu dan putri Sir Henry Halford. Sir Henry adalah Baronet ke-2 Wistow dan pernah menjadi Anggota Parlemen Divisi Selatan Leicestershire dari 1832 hingga 1857.

Karier politik dan kehidupan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Pell terpilih sebagai Anggota Parlemen Divisi Selatan Leicestershire seperti ayah mertuanya, pada saat pemilihan umum tahun 1868, dan mengalahkan kandidat Liberal Thomas Paget. Dia sukses mempertahankan kursinya dalam dua kesempatan, pada 1874 dan 1880.

Pell adalah anggota parlemen yang disiplin dan duduk di berbagai badan dan komite, termasuk Komisi Kerajaan untuk amal Paroki Kota, komunitas Kota, dan orang tua yang miskin.[1] Dia juga memiliki minat pada pertanian Inggris dan merupakan anggota kelompok parlemen, bersama Henry Chaplin, Sir Massey Lopes dan Clare Sewell Read. Dia juga anggota Dewan Royal Agricultural Society di Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Pell, Albert (PL839A)". A Cambridge Alumni Database. University of Cambridge. 
  2. ^ * Marshall, Howard; Jordon, J.P. (1951). Oxford v Cambridge, The Story of the University Rugby Match. London: Clerke & Cockeran. hlm. 13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Parlemen Britania Raya
Didahului oleh:
Viscount Curzon
Thomas Paget
Anggota Parlemen Leicestershire Selatan
18681885
Bersama dengan: Viscount Curzon hingga 1870
William Unwin Heygate 1870–1880
Thomas Paget dari 1880
Konstituensi dihapus