Alamat (komputer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alamat (komputer) atau jalur berkas, jalur file, nama jalur, atau yang serupa# adalah serangkaian karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi secara unik dalam struktur direktori. Ini disusun dengan mengikuti hierarki pohon direktori di mana komponen-komponen, dipisahkan oleh karakter pemisah, mewakili setiap direktori. Karakter pemisah ini paling umum adalah tanda garis miring ("/"), karakter garis miring terbalik (""), atau titik dua (":"), meskipun beberapa sistem operasi mungkin menggunakan pemisah yang berbeda. Path digunakan secara luas dalam ilmu komputer untuk merepresentasikan hubungan direktori/file yang umum dalam sistem operasi modern dan merupakan bagian penting dalam konstruksi Lokator Sumber Daya Seragam (URL). Sumber daya dapat direpresentasikan oleh path absolut atau relatif.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan tahun 1960-an, Multics pertama kali memperkenalkan sistem file hierarkis dengan direktori (dipisahkan oleh ">").[1] Sekitar tahun 1970, Unix memperkenalkan karakter slash ("/") sebagai pemisah direktorinya. Pada tahun 1981, versi pertama Microsoft DOS dirilis. MS-DOS 1.0 tidak mendukung direktori file. Selain itu, sebagian besar perintah utilitas yang dikemas dengan MS-DOS 1.0 berasal dari IBM dan sintaks baris perintah mereka menggunakan karakter slash sebagai awalan 'switch'. Sebagai contoh, dir /w menjalankan perintah dir dengan opsi format daftar lebar.

Penggunaan slash ini masih dapat ditemukan dalam antarmuka baris perintah di bawah Microsoft Windows. Sebaliknya, Unix menggunakan karakter dash ("-") sebagai awalan switch baris perintah. Ketika dukungan direktori ditambahkan ke MS-DOS dalam versi 2.0, "/" tetap digunakan sebagai karakter awalan switch untuk kompatibilitas mundur. Microsoft memilih karakter backslash ("") sebagai pemisah direktori, yang terlihat mirip dengan karakter slash, meskipun versi Windows yang lebih modern tidak memedulikan penggunaan jenis slash, memungkinkan campuran kedua jenis slash dalam sebuah path.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Daley, R. C.; Neumann, P. G. (1965). "A general-purpose file system for secondary storage" (dalam bahasa Inggris). ACM Press: 213. doi:10.1145/1463891.1463915. 
  2. ^ Testing Testimony. Harvard University Press. 2022-05-31. hlm. 98–110. 
  3. ^ Yang Xu; Zhendong Hou; Xiaoyu Tian (2009). "A Study of Densification Character of Corn Stover". 2009 Reno, Nevada, June 21 - June 24, 2009. St. Joseph, MI: American Society of Agricultural and Biological Engineers. doi:10.13031/2013.27131.