Alam semesta teramati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Observable universe logarithmic illustration.png

Alam semesta teramati adalah istilah dalam kosmologi Big Bang untuk menggambarkan daerah berbentuk bola di alam semesta yang mengelilingi pengamat di mana obyek-obyek dapat diamati karena jaraknya cukup dekat, artinya ada cukup waktu untuk ditempuh cahaya dari obyek itu ke pengamat. Setiap posisi memiliki alam semesta teramati sendiri.

Kata teramati di sini tidak ada hubungannya dengan kemampuan teknologi modern untuk mendeteksi radiasi dari obyek di dalam daerah ini, melainkan dengan kemungkinan cahaya atau radiasi lain dari obyek mencapai pengamat.

Banyak artikel kosmologi menggunakan istilah "alam semesta" untuk menyebut "alam semesta teramati". Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan kita untuk mengetahui bagian alam semesta di luar alam semesta teramati. Selain itu, terdapat hipotesis bahwa mungkin saja alam semesta sesungguhnya lebih kecil daripada alam semesta yang teramati. Dalam hal ini, galaksi-galaksi yang kelihatan jauh sebenarnya adalah duplikat dari galaksi-galaksi yang lebih dekat. Hipotesis ini sulit dibuktikan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]