Al-Mu'tasim Billah al-Qaddafi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Moatassem Billah Gaddafi
مُعْتَصِمٌ بِٱللهِ ٱلْقَذَّافِيّ
National Security Advisor of Libya
Masa jabatan
2008-2011
Informasi pribadi
Lahir 1977
Tripoli, Libya
Meninggal 20 Oktober 2011 (usia 33-34)
Sirte, Libya
Agama Islam
Dinas militer
Pengabdian bagi Bendera Libya Jamahiriya Arab Libya
Dinas/cabang Angkatan Darat Libya
Masa dinas 2011
Komando Brega
Pertempuran/perang Perang Saudara Libya 2011

Moatassem Billah Gaddafi (bahasa Arab: معتصم بٱلله ٱلقذافي, juga diterjemahkan sebagai Mutassim atau Al-Mu ' tasim; lahir di Tripoli, Libya, 1977 – meninggal di Sirte, Libya, 20 Oktober 2011 pada umur 33-34 tahun) adalah seorang perwira Militer Libya, dan Penasihat Keamanan Nasional Libya dari 2008 sampai 2011. Ia adalah anak kelima dari mantan pemimpin Libya Muammar Gaddafi, dan anggota lingkaran dalam ayahnya. Ibunya adalah Safia Farkash. Dia ditangkap selama Pertempuran Sirte oleh NTC, dan kemudian terbunuh. Mutassim memiliki tinggi badan sekitar 189 cm.

Peran dalam Revolusi Libya[sunting | sunting sumber]

Selama revolusi Libya 2011, Gaddafi memerintahkan unit-unit dalam Brega wilayah terutama pada pertempuran jalan Brega-Ajdabiya dan pertempuran-pertempuran kecil di daerah tersebut. Dia telah dikenakan larangan perjalanan dan pembekuan aset atas hubungan dekat dengan keanggotaan lingkaran dalam ayahnya.

Gaddafi diduga di Tripoli pada Bab al-Azizia, dan membantu dalam memerintah apa yang tersisa dari kekuatan pro-Gaddafi di kota selama Pertempuran Tripoli. Namun, tidak ada bukti kehadirannya ditemukan oleh pemberontak ketika mereka menguasai kompleks Bab al-Azizia, juga tidak ada bukti kehadiran (atau kehadiran sebelumnya) dari setiap anak-anaknya. Dia memerintahkan pasukan loyalis dalam pertahanan berhasil mereka di Sirte, kampung Muammar Gaddafi.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Templat:Lihat juga Pada tanggal 21 Oktober, komandan NTC di bagian depan di Sirte mengklaim bahwa Moatassem Gaddafi telah ditangkap karena ia mencoba untuk meninggalkan kota dalam mobil keluarga, dan dikirim ke Benghazi. Beberapa pejabat di Tripoli juga mengklaim hal ini.

Film Gaddafi hidup setelah ditangkap telah foto-foto yang dirilis oleh AFP juga menunjukkan dia duduk tegak di tempat tidur dan merokok rokok. Kemudian foto-foto yang dirilis oleh saluran TV Saudi, Al Arabiya menunjukkan Moatassem Gaddafi berjenggot dan tergeletak mati di tempat tidur rumah sakit, dengan luka menganga di tenggorokannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]