Aktivisme tagar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Aktivisme tagar adalah istilah yang diciptakan oleh media massa yang mengacu pada penggunaan tagar Twitter untuk aktivisme Internet.[1][2][3][4] Istilah ini juga dapat digunakan untuk merujuk pada tindakan menunjukkan dukungan untuk suatu kepentingan melalui suka, bagikan, dll. pada platform media sosial manapun, seperti Facebook atau Twitter. Inti dari aktivisme tagar adalah untuk berbagi isu tertentu dengan teman dan pengikut seseorang dengan harapan bahwa mereka juga akan berbagi informasi yang sama.[5] Ini mengarah ke diskusi yang luas dan memungkinkan terjadinya perubahan. Namun, tagar juga telah digunakan untuk berdebat dan membuat orang sadar akan masalah sosial dan politik.[6] Aktivisme tagar dapat dilihat sebagai cara untuk membantu atau memulai revolusi dengan meningkatkan jumlah pendukung dari seluruh dunia yang belum mengetahui suatu masalah.[7] Ini memungkinkan orang untuk berdiskusi dan berkomentar pada satu tagar. Aktivisme tagar adalah cara untuk memperluas penggunaan komunikasi dan menjadikannya demokratis, menyatakan bahwa setiap orang punya caranya masing-masing untuk mengekspresikan pendapat mereka.[7]

Konsep aktivisme tagar telah menerima kritik dari para kritikus dan pendukung. Beberapa pendukung berpendapat bahwa menggunakan media sosial untuk aktivisme adalah ide yang baik karena memungkinkan seseorang untuk terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia dalam waktu singkat.[8] Kritik, di sisi lain, mempertanyakan apakah aktivisme hashtag mengarah ke perubahan nyata karena pengguna hanya menunjukkan bahwa mereka peduli tetapi tidak mengambil tindakan spesifik untuk membuat perbedaan yang nyata.[9]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tagar dibuat oleh Chris Messina, mantan pengembang Google, pada 2007.[10] Dia ingin membuat platform di mana orang bisa mengadakan percakapan. Platform ini akan mudah diakses di ponsel dan mudah digunakan. Tujuannya adalah untuk memiliki sumber terbuka di mana orang akan didorong untuk mengekspresikan pendapat mereka secara bebas tentang apa yang mereka pikirkan tentang topik tersebut.[10] Visinya sekarang dapat dilihat melalui aktivisme tagar.

Penyebutan istilah tagar tertua yang diketahui adalah dari The Guardian pada tahun 2011, di mana istilah tagar disebutkan dalam konteks untuk menggambarkan protes Occupy Wall Street.[11] Tagar digunakan sebagai alat untuk mengoordinasikan percakapan online, menemukan pendukung, dan mengatur protes spontan.[12] Sejak itu, istilah ini digunakan untuk merujuk pada penggunaan tagar pada berbagai platform media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Tumblr. Ada pergeseran di kalangan aktivis untuk lebih berpartisipasi dalam komunikasi interaktif di Internet.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "George Will: Hashtag Activism "Not Intended To Have Any Effect On The Real World"". Real Clear Politics. Diakses tanggal 12 May 2014. 
  2. ^ Carr, David (2012-03-25). "Hashtag Activism, and Its Limits". The New York Times. NYtimes. Diakses tanggal 12 May 2014. 
  3. ^ "#BringBackOurGirls: Why hashtag activism has its critics". Mediaite. Diakses tanggal 12 May 2014. 
  4. ^ Taibi, Catherine (2014-05-11). "Fox News Panel Slams #BringBackOurGirls Hashtag Activism". Huffington Post. Diakses tanggal 12 May 2014. 
  5. ^ "Why Social Media Activism Is Not A Cop-Out". The Odyssey Online (dalam bahasa Inggris). February 17, 2016. Diakses tanggal November 28, 2017. 
  6. ^ a b Hahn, Allison. "Hashtag Activism". Salem Press Encyclopedia. 
  7. ^ a b Moscato, Derek. "Media portrayals of hashtag activism: a framing analysis of Canada's #Idlenomore movement". Media and Communication. 
  8. ^ Khan-Ibarra, Sabina (2014-11-13). "The Case For Social Media and Hashtag Activism". Huffington Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-09. 
  9. ^ Dewey, Caitlin (May 8, 2014). "#Bringbackourgirls, #Kony2012, and the complete, divisive history of 'hashtag activism'". The Washington Post. Diakses tanggal November 9, 2017. 
  10. ^ a b Couts, Andrew (18 January 2015). "The new era of hashtag activism - The Kernel". The Kernel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-25. Diakses tanggal 2019-12-17. 
  11. ^ Augenbraun, Eric (29 September 2011). "Occupy Wall Street and the limits of spontaneous street protest". theguardian. Diakses tanggal 12 May 2014. 
  12. ^ Yaverbaum, Eric (2015-12-09). "#HashtagActivism -- Turning Whispers Into Shouts and Fighting Stigma With Story". Huffington Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-28.