Aksara Bermakna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Aksara Bermakna
Format Kuis
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Jumlah musim 2
Jumlah episode 2.195
Produksi
Durasi 30 menit
Rumah produksi Ani Sumadi Production
Distributor Ani Sumadi Production
Siaran
Saluran asli TVRI (1989-1996)
ANTV (1997-1998)
Aksara Bermakna Musim I
Pembawa acara Kepra
Jumlah episode 1.850
Siaran
Saluran asli TVRI
Penayangan awal 7 Agustus 1989 – 6 September 1996
Aksara Bermakna Musim II
Pembawa acara Anton Gemilar
Jumlah episode 345
Siaran
Saluran asli ANTV
Penayangan awal 3 Februari 1997 – 29 Mei 1998

Aksara Bermakna adalah salah satu kuis Indonesia dekade 1990-an ciptaan Ani Sumadi. Dalam acara ini, 2 pasangan kontestan saling adu pengetahuan dan strategi.

Musim Stasiun TV Pembawa acara Awal Akhir Jadwal
I TVRI Kepra 7 Agustus 1989 6 September 1996 Senin-Jumat, 18:30-19:00 WIB
II ANTV Anton Gemilar 3 Februari 1997 29 Mei 1998

Babak permainan[sunting | sunting sumber]

Kuis Aksara Bermakna menggunakan konsep permainan matriks bersel segienam yang disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai persegi 5 baris dan 5 kolom. Setiap segienam berisi sebuah huruf (antara A sampai Z) yang merupakan inisial jawaban benar dari pertanyaan yang diajukan pembawa acara dan segienam pertama dipilihkan oleh pembawa acara. Dua pasangan kontestan akan saling berebut hak jawab dengan menekan tombol bel. Kontestan yang menekan tombol bel terlebih dahulu akan berhak menjawab terlebih dahulu. Jika jawabannya benar, maka segienam yang dipilih kontestan penekan tombol bel (biru atau merah). Jika jawabannya salah, maka pertanyaan akan dilemparkan kepada pasangan lawan. Jika pasangan lawan menjawab salah, maka pertanyaan untuk segienam yang dipilih tersebut akan digantikan dengan pertanyaan lainnya.
Di babak I, pasangan biru harus menghubungkan sisi kiri ke kanan atau sebaliknya tanpa terputus, dan pasangan merah harus menghubungkan sisi atas ke bawah atau sebaliknya tanpa terputus. Sebalknya, di babak II, pasangan biru harus menghubungkan sisi atas ke bawah atau sebaliknya tanpa terputus, dan pasangan merah harus menghubungkan sisi kiri ke kanan atau sebaliknya tanpa terputus. Pasangan kontestan yang menang 2 babak langsung berhak masuk ke babak prabonus. Jika masing-masing pasangan kontestan memenangkan 1 babak, maka akan diadakan babak III dengan aturan sama seperti babak I untuk menentukan siapakah pasangan yang berhak masuk ke babak prabonus.

Babak prabonus[sunting | sunting sumber]

Babak prabonus hanya diikuti oleh pasangan kontestan pemenang. Di babak ini, salah satu kontestan yang berhasil menjawab pertanyaan terbanyak dengan benar akan mewakili pasangannya bermain di babak bonus.

Babak bonus[sunting | sunting sumber]

Babak prabonus hanya diikuti oleh perwakilan pasangan kontestan pemenang (pemenang babak prabonus). Di babak ini, kontestan harus menjawab 5 pertanyaan dalam matriks sama seperti babak I-III, tetapi berisi 2-3 huruf, dan menghubungkan sisi kiri ke kanan. Waktu bermain yang tersedia adalah 1 menit. Setiap matriks yang terjawab benar, akan dihadiahi uang tunai Rp50.000,00. Jika berhasil menebak 5 pertanyaan dalam matriks dengan benar sehingga menghubungkan sisi kiri ke kanan, maka tambahan hadiah bonus Rp1.000.000,00 berhak dibawa pulang pasangan kontestan pemenang.
Apabila pasangan kontestan telah berhasil bermain di babak bonus sebanyak 7 kali, maka mereka tidak dapat bermain lagi, dan akan disimpan sebagai salah satu pasangan kontestan yang berhak masuk ke babak grand final.