Akademi keperawatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Akademi keperawatan (disingkat akper) adalah lembaga pendidikan tinggi D3 keperawatan, yang menghasilkan lulusan D3 perawat yang siap bekerja pada institusi kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, poliklinik umum, dll.

Institusi ini memiliki perizinan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sampai saat ini yang berhak mengeluarkan ijazah dan menandatangi ijazah adalah Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan (Pusdiknakes) di Jakarta.

Pada saat ini akademi-akademi dinaungan langsung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (yang berstatus Negeri) telah disatukan dan diganti nama dengan Politeknik Kesehatan Negeri, dimana nama tersebut disesuaikan dengan kota tempat pendidikan berada. misal: Politeknik Kesehatan Surabaya, Politeknik Kesehatan Yogyakarta, Politeknik Kesehatan Malang dan lain-lain.

Seperti telah diketahui Politeknik Kesehatan Negeri (Departemen Kesehatan) memiliki banyak jurusan. Misal: Teknik Elektromedik, Analis Kesehatan, Analis Farmasi, Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan Gigi, Keperawatan Jiwa, Anestesi dan lain-lain. Dimana Statusnya identik dengan Diploma Tiga (D3) dan lulusannya akan menyandang gelar Ahli Madya Kesehatan.

Kini telah dikembangkan juga program Diploma Empat (D4) dan lulusannya akan menyandang gelar Sarjana Teknik Terapan, dengan singkatan STT.

Akademi Keperawatan[sunting | sunting sumber]