Air mawar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Air mawar adalah sebuah air perasan yang dibuat dengan cara menyeduh mahkota bunga mawar ke dalam air. Air tersebut digunakan untuk perasa makanan, sebagai komponen dalam beberapa kosmetik dan keperluan pengobatan, dan untuk keperluan keagamaan di seluruh Eropa dan Asia. Sirup mawar (tidak sama dengan sirup pinggul mawar) terbuat dari air mawar, dengan tambahan gula.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan keagamaan[sunting | sunting sumber]

Air mawar digunakan sebagai pewangi dalam acara-acara keagamaan (Muslim, Hindu dan Zoroastrian). Air digunakan untuk membersihkan Kabah, Kiblat untuk Muslim yang terletak di Mekkah, dengan mencampur air dari Sumur Zamzam dengan air mawar sebagai tambahan. Di subbenua India, pada pemakaman Muslim, air mawar digunakan untuk membasahi kuburan sebelum menempatkan jenazah di dalamnya. Air mawar juga digunakan dalam beberapa ritual Hindu. Air mawar juga digunakan dalam Kekristenan, utamanya Gereja Ortodoks Timur.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Journey through Holy Week & Pascha". Holy Apostles Greek Orthodox Church. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-06. Diakses tanggal 2016-06-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Mawar