Air Terjun Pletuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Air Terjun Pletuk adalah salah satu wisata alam yang berada di daerah Kabupaten Ponorogo. Air Terjun Pletuk termasuk dalam salah satu tempat wisata yang terdaftar dalam wisata yang diminati di Jawa Timur.[1] Air Terjun Pletuk ini terletak di Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo.

Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus melakukan perjalanan sekitar 25 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Di sepanjang jalan wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan kebun cengkih. Namun begitu akses menuju lokasi perlu pengunjung pertimbangkan terlebih dahulu. Karena selain cukup jauh dari pusat kota, jalanan yang dilewati juga cukup terjal. Sehingga jika wisatawan ingin menuju ke sana, maka harus mempertimbangkan jenis transportasi yang dipakai, kondisi cuaca, dan perbekalan yang jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Air Terjun Pletuk ini baru dibuka untuk umum sejak tahun 2006. Sebelumnya tidak ada akses jalan yang memadai menuju air terjun ini. Bahkan di sekitarnya masih berupa hutan belantara. Namun sekarang, Air Terjun Pletuk sudah dikelola secara baik sehingga mudah dikunjungi bagi para wisatawan baik itu warga lokal ataupun yang berasal dari luar Ponorogo.

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Dari kota Ponorogo diperlukan waktu hampir 1 jam menuju Air Terjun Pletuk. Wisatawan dapat mengambil rute Pulung kemudian menuju Sooko. Dari Sooko ke Air Terjun Pletuk dibutuhkan 15 menit melalui Jalan menanjak. Air Terjun Pletuk dikelilingi oleh perbukitan.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Calendar of Events East Java Pavilion, Taman Mini "Indonesia Indah", 2009 (dalam bahasa Inggris). Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur. 2009. 
  2. ^ "Terjun Pletuk, Pesona Wisata Ponorogo"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-13. Diakses tanggal 2018-05-12.