Air Terjun Leses

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air Terjun Leses
Air terjun Leses
Lokasi
Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah
Peta
7°41′59″S 109°24′16″E / 7.699647°S 109.404439°E / -7.699647; 109.404439

Air Terjun Leses adalah air terjun yang berada tak jauh dari Objek Wisata Goa Petruk, tepatnya berjarak sekitar 750 m ke arah timur laut Goa Petruk. Air Terjun Leses tersimpan di kaki perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan. Air terjun Leses terdiri dari dua aliran air yang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 8 meter. Aliran air keluar dari semak dan pepohonan kemudian jatuh membentuk sebuah kolam. Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 1 meter sehingga cocok untuk berenang. Berada di aliran Sungai Teba air terjun ini juga memiliki debit air yang deras jika musim hujan tiba dan akan mengecil jika musim kemarau. Hal tersebut dikarenakan Air Terjun Leses terdapat di kawasan karst serta di aliran sungai dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang tidak luas. Air terjun Leses berada dibawah Bukit Durenrenteng (234 m/dpl) sehingga suasana asri dan alami menjadi pemandangan yang didapatkan ketika sampai ditempat ini. Selain itu juga terdapat beberapa goa disekitarnya.[1] Tepat dibawah Air Terjun Leses terdapat Air Terjun Gemawang

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Leses terletak di Dusun Karanggondang, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menjangkau air terjun ini perjalanan bisa di mulai dari Kota Gombong pusat Kota Kebumen. Rute yang digunakan untuk menuju ke lokasi menggunakan rute Gombong – Jatijajar – Petruk – Pantai Ayah. Sementara kendaraan yang digunakan bisa menggunakan angkutan desa dan kota berupa bus dan colt. Atau juga bisa menggunakan kendaraan pribadi. Dari jalan raya pengunjung harus berjalan kaki menuju air terjun yang berada di Sungai Teba.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Leses belum dirintis sebagai objek wisata namun demikian sudah banyak masyarakat yang mengetahui dan mengunjunginya. Sebagai tempat penitipan kendaraan pengunjung bisa menitipkan di perkampungan terdekat yakni Dusun Karanggondang. Di musim tertentu terdapat penjaja buah durian khas Desa Candirenggo yang manis dan legit.

Referensi[sunting | sunting sumber]