Air Crash Investigation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Air Crash Investigation
Mayday.png
Nama lain Mayday
Air Emergency
Genre Dokumenter
Pembuat André Barro
Narator Stephen Bogaert (untuk versi Kanada and AS)
Jonathan Aris (untuk versi Australia and UK)
Negara Kanada
Bahasa Bahasa Inggris
Jumlah musim 14
Jumlah episode 119
Produksi
Durasi 40–50 menit
Rumah produksi Cineflix Productions
Siaran
Saluran asli Discovery Channel Kanada
National Geographic Channel
Periode siaran 3 September 2003 (2003-9-3)–sampai sekarang
Pranala luar
http://www.cineflixproductions.com/shows/28-Mayday


Air Crash Investigation (juga dikenal sebagai Mayday di luar Britania Raya, Australia, dan Amerika Serikat; serta Air Emergency di Amerika Serikat) adalah acara televisi dokumenter di Kanada yang menginvestigasi kecelakaan pesawat, insiden pesawat (yang hampir menyebabkan kecelakaan), dan musibah-musibah lainnya yang terkait dengan penerbangan. Air Crash Investigation diproduksi oleh Cineflix.

Air Crash Investigation melakukan pemeragaan, wawancara, dan pembuatan pencitraan yang dihasilkan oleh komputer (computer-generated imagery) untuk merekonstruksi kejadian demi kejadian yang terjadi pada sebuah kecelakaan agar dapat dimengerti oleh penonton. Sebagai tambahan, Air Crash Investigation juga mewawancarai investigator kecelakaan, pilot/kopilot (atau mantan pilot/kopilot) serta pengamat penerbangan untuk menjelaskan mengapa kecelakaan tersebut dapat terjadi dan bagaimana cara mencegahnya.

Cineflix memulai produksi pada 13 Agustus 2002, dengan biaya 2,5 juta dolar Kanada. Cineflix telah melakukan kontrak dengan jaringan televisi Discovery Channel, France 5, Canal D, TVNZ, Seven Network, Holland Media Group dan National Geographic Channel untuk menyiarkan Air Crash Investigation ke 144 negara dan 26 bahasa.

Karakteristik acara[sunting | sunting sumber]

Citraan hasil komputer yang menampilkan US Airways Penerbangan 1549 saat salah satu mesinnya mati akibat tertabrak burung.

Air Crash Investigation melakukan pemeragaan, wawancara, pembuatan pencitraan yang dihasilkan oleh komputer, dan dalam beberapa episode, rekaman suara pada kokpit yang dihasilkan oleh perekam suara kokpit (cockpit voice recorder) juga digunakan untuk merekonstruksi kejadian demi kejadian yang terjadi pada sebuah kecelakaan agar dapat dimengerti oleh penonton.

Beberapa penumpang dan kru pesawat ditampilkan (tidak peduli apakah mereka selamat atau tidak) dan aktor/aktris berperan sebagai orang-orang tersebut, biasanya sejak awal acara, ketika pesawat sedang boarding. Kejadian-kejadian di pemandu lalu lintas udara (air traffic controller), kokpit, dan kabin pesawat juga direkonstruksi sejak keberangkatan pesawat hingga saat-saat darurat terjadi.

Saat keadaan darurat terjadi, tampak luar dari pesawat yang diambil dari berbagai sudut juga ditampilkan untuk menunjukkan apa yang terjadi pada pesawat tersebut. Respon dan reaksi dari para penumpang, kru pesawat, dan pemandu lalu lintas udara pada saat keadaan darurat pun ditampilkan. Seluruh kejadian pada kokpit dan pemandu lalu lintas udara direkonstruksi berdasarkan kejadian sesungguhnya yang terekam oleh perekam suara kokpit.

Selama acara berlangsung, penumpang dan kru pesawat yang ditampilkan (atau kerabat-kerabatnya) biasanya juga ditampilkan untuk diwawancarai.[1][2] Selain pengamat penerbangan, pilot/kopilot (atau mantan pilot/kopilot) atau investigator kecelakaan diwawancarai untuk menjelaskan bagaimana situasi darurat tersebut terjadi dan bagaimana cara menghindarinya.[2]

Produksi dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Cineflix memulai produksi Air Crash Investigation pada 13 Agustus 2002, dengan biaya 2,5 juta dolar Kanada, setelah Channel Five membayar 6 bagian dari satu serial Air Crash Investigation, yang masing-masing berdurasi satu jam.[3] Untuk menjaga agar biaya produksi tetap rendah, hampir seluruh produksi Air Crash Investigation dilakukan di kantor pusat Cineflix di Toronto, Kanada.[4] Selama produksi, serial Air Crash Investigation dijual kepada France 5, Discovery Channel, dan Canal D.[5]

Pada 2 Juni 2003, Cineflix mengumumkan bahwa mereka telah menjual serial Air Crash Investigation kepada TVNZ, Seven Network dan Holland Media Group[5] hingga kemudian pada 22 Oktober 2003, satu bulan sebelum penayangan serial pertama, Cineflix mengumumkan bahwa mereka telah melakukan kontrak internasional dengan National Geographic Channel untuk menayangkan Air Crash Investigation ke 144 negara dan 26 bahasa.[6]

Episode[sunting | sunting sumber]

Season Jumlah
episode
Tanggal penayangan
Penayangan perdana Penayangan akhir
1 6 3 September 2003[7] 22 Oktober 2003[7]
2 6 23 Januari 2005[8]
3 13 14 September 2005 N/A
4 10 15 April 2007[9] N/A
5 10 9 April 2008[10] N/A
6 3 16 Desember 2007 N/A
7 8 4 November 2009[11] N/A
8 2 10 Juni 2009 N/A
9 8 8 September 2010[12] N/A
10 6 27 Februari 2011 28 Maret 2011[13]
11 13 11 Agustus 2011 N/A

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Air Crash Investigation diterima dengan baik di kalangan pengamat acara televisi.[1][2] Paul Mavis dari DVDTalk merekomendasikan Air Crash Investigation sebagai acara yang "menyedihkan dan mengejutkan secara emosional" dan "tidak pernah mengeksploitasi suatu kecelakaan". Lebih lanjut, ia menambahkan, Air Crash Investigation "tidak hanya membuat puncak dari suatu kecelakaan semakin menegangkan dengan adegan demi adegan yang sangat baik, tetapi Air Crash Investigation juga menunjukkan sisi humanitas dari kecelakaan-kecelakaan yang mengerikan itu."[1]

Franck Tabouring dari DVD Verdict mengatakan, "Ini adalah acara yang sangat bagus dengan banyak informasi menarik seputar kecelakaan-kecelakaan yang tragis, menceritakan bagaimana beberapa orang bisa selamat dan beberapa lainnya tidak."[2]

Sharon Zupancic memenangkan Penghargaan Gemini ke-25 sebagai "Suntingan Gambar Terbaik dalam Acara atau Serial Dokumenter" untuk karyanya pada salah satu episode Air Crash Investigation, "Lockerbie Disaster".[14] Beberapa episode Air Crash Investigation juga dinominasikan pada Penghargaan Asosiasi Sinematografer Kanada, yaitu "Air India: Explosive Evidence" dan "Fatal Distraction" pada tahun 2009, "Missed Approach" dan "Miracle Flight" pada tahun 2008, dan "Flying Blind" pada tahun 2004.[15]

Dosen senior Universitas New South Wales, Raymond Lewis, melakukan studi terhadap strategi pengajaran penerbangan berdasarkan serial Air Crash Investigation. Studi tersebut telah selesai dengan kesimpulan bahwa "penggunaan skenario kecelakaan dan insiden pesawat memiliki dampak positif terhadap hasil pembelajaran".[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Mavis, Paul (15 April 2009). "Mayday - Air Disasters". DVD Talk. 
  2. ^ a b c d Mavis, Tabouring (23 April 2009). "Mayday - Air Disasters". DVD Verdict. 
  3. ^ Cineflix (13 Agustus 2003). New Cineflix science series Mayday starts production. Siaran pers.
  4. ^ Zeller, Susan (1 Januari 2003). "No Borders". Realscreen. 
  5. ^ a b Cineflix (2 Juni 2003). Cineflix goes global with popular science series Mayday. Germany's Prosieben latest channel to acquire the show. Siaran pers.
  6. ^ Cineflix (22 Oktober 2003). Cineflix International strikes NATGEO deal for new popular science series Mayday. Siaran pers.
  7. ^ a b Cineflix (14 Agustus 2003). Mayday premieres on Discovery, Wednesday, September 3 at 10 p.m.. Siaran pers.
  8. ^ Cineflix (1 Desember 2004). Mayday - Popular Cineflix series returns to Discovery Channel with two new back-to-back episodes, Sunday, January 23, 2005 at 8 pm ET. Siaran pers.
  9. ^ Discovery Channel Kanada (30 Maret 2007). A New Season of Mayday Takes Flight, April 15 on Discovery Channel. Siaran pers.
  10. ^ Discovery Channel Kanada (25 Maret 2008). Discovery Channel Sends Out a Mayday Call – Season 5 Launches with Air India Tragedy, April 9. Siaran pers.
  11. ^ Discovery Channel Kanada (15 Oktober 2009). Never Take a Safe Landing For Granted Again – Discovery Channel Presents Season 7 of MAYDAY and DAILY PLANET’s “Flying Things Week” in November. Siaran pers.
  12. ^ Discovery Channel Kanada (13 Agustus 2010). Buckled In and Cabin Baggage Safely Stowed, MAYDAY returns to Discovery Channel for a 9th Season, Sept. 8. Siaran pers.
  13. ^ "Air Crash Investigation TV Listing (UK)". National Geographic Channel. Diakses 2011-03-12. 
  14. ^ Best Picture Editing in a Documentary Program or Series, Gemini Award, 2010.
  15. ^ Canadian Society of Cinematographers Awards.
  16. ^ Lewis, Raymond (Desember 2009). "Air Crash Investigators - comments on a pedagogical strategy to increase intrinsic motivation in order to enhance student learning". AAEE 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]