Aietes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam mitologi Yunani, Aietes (bahasa Yunani: Αἰήτης) adalah raja Kolkhis dan putra dewa Matahari Helios dan Okeanid Perseis. Aietes adalah saudara Kirke dan Pasifae, dan merupakan ayah Medeia, Khalkiope dan Apsirtos. Menurut pendapat lainnya, dia adalah saudara Perses, raja Tauris. Dia disebut sebagai suami dari keponakannya Hekate.

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Pausanias menyatakan bahwa menurut penyair Eumelos, Aietes adalah putra Helios. Helios membagi tanah kekuasaannya, dia memberi sebagian Asopus pada Aiolos dan sebagian Efira (Korintus) pada Aietes. Di kemudian hari, Aietes memberikan kerajaannya pada Bounos, putra Hermes, lalu pergi ke Kolkhis, sebuah kota di bagian barat Kaukasus. Di sana, Aietes membangun pemukiman baru dan menyebutnya Aia.

Suatu hari, Friksos putra Athamos tiba di Kolkhis dengan dibawa oleh seekor domba emas. Friksos dibawa ke sana untuk diselamatkan dari kejahatan ibu tirinya. Aietes lalu merawat Friksos. Selain itu, Friksos juga dinikahkan dengan putri Aietes, Khalkiope. Sebagai balasannya, Friksos memberi Aietes bulu dari domba emas yang menyelamatkannya. Aietes menggantung bulu itu di pohon di kerajaannya.

Iason tiba di Kolkhis dan mengklaim bulu domba emas itu sebagai miliknya. Aietes mau memberikannya tetapi Iason harus melaksanakan beberapa tugas. Tugasnya-tugasnya adalah membajak ladang dengan lembu napas api, melawan para spartoi, dan membunuh naga penjaga bulu domba emas. Iason berhasil menyelesaikan semua tugasnya dan akhirnya membawa bulu domba emas. tetapi Iason juga membawa pergi Medeia, salah seorang anak Aietes yang telah jatuh cinta pada Iason dan ikut membantu Iason dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Aietes berusaha mengejar mereka. Medeia lalu mengalihkan perhatian ayahnya dengan membunuh saudaranya sendiri, Aspirtos, dan melempar mayatnya ke laut. Aietes berhenti mengejar mereka dan berusaha mengambil jenazah putranya sementara Iason dan Medeia kabur.

Referensi[sunting | sunting sumber]