Admiral of the Navy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Admiral of the Navy
Tanda pangkat Admiral of the Navy (1899–1917)
Negara Amerika Serikat
Cabang angkatan Angkatan Laut Amerika Serikat
SingkatanAN
Pangkat NATOOF-10
Pangkat non-NATOBintang enam
Pembentukan1903 (berlaku surut 1899)
Pangkat atasanTidak ada
Pangkat bawahanLaksamana Besar
Pangkat setaraGeneral of the Armies

Admiral of the Navy (disingkat AN) adalah pangkat jenderal bintang enam dan merupakan pangkat tertinggi di Angkatan Laut Amerika Serikat. Salah satu dari dua pangkat tertinggi dalam sejarah militer Amerika Serikat, bersama dengan General of the Armies (GAS).

Pangkat ini hanya pernah diberikan sekali, kepada George Dewey, sebagai penghargaan atas kemenangannya di Teluk Manila pada tahun 1898.

Pada tanggal 2 Maret 1899, Kongres Amerika Serikat menyetujui pembuatan pangkat baru, Admiral of the Navy.[1] Presiden William McKinley menyampaikan kepada Senat Amerika Serikat, pencalonannya untuk Dewey sebagai penerima pangkat baru tersebut pada 3 Maret, yang disetujui oleh Senat pada hari yang sama.[2]

Potret George Dewey di Galeri Potret Nasional.

Awalnya Presiden McKinley menggunakan nama "Admiral in the Navy," sedangkan dalam undang-undangnya tertulis "Admiral of the Navy." Pada tanggal 14 Maret 1903, perbedaan ini diputuskan dalam pidato Presiden Roosevelt yang mencalonkan dan Senat yang menyetujui Dewey mendapat pangkat "Admiral of the Navy," berlaku surut hingga 2 Maret 1899.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "An Act Creating the office of Admiral of the Navy.". 55th Congress Chapter 378, Act per  (PDF) (dalam bahasa English). 
  2. ^ U.S. Congress, Journal of the Executive Proceedings of the Senate, Volume 31 pt.2 1897-1899.
  3. ^ U.S. Congress, Journal of the Executive Proceedings of the Senate, Volume 34 1902-1903.