Absorbansi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Absorbansi (disebut juga densitas optis[1][2] meski densitas optis juga berarti indeks refraksi[3]) adalah rasio logaritmik dari radiasi yang dipaparkan ke suatu bahan terhadap radiasi yang ditransmisikan menembus bahan.[4][5] Absorbansi digunakan dalam spektroskopi dan kimia analitik.

Dalam fisika, istilah absorbansi (dari absorb) dan absorptansi (dari absorp) sering tertukar.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Absorbansi adalah ukuran kuantitatif yang diekspresikan sebagai rasio logaritmik antara radiasi yang jatuh ke suatu bahan dan yang ditransmisikan menembus bahan.

 A_\lambda = -\log_{10} \left( \frac{I_1}{I_0} \right),

di mana A_\lambda adalah absorbansi pada panjang gelombang cahaya tertentu (\lambda), I_1 adalah intensitas radiasi yang melalui bahan (ditransmisikan), dan I_0 adalah intensitas radiasi sebelum menyentuh bahan.

Nilai logaritmik vs pengukuran proporsional langsung[sunting | sunting sumber]

Absorbansi Transmitansi (I_1/I_0)
0 1
0.1 0.79
0.25 0.56
0.5 0.32
0.75 0.18
0.9 0.13
1 0.1
2 0.01
3 0.001

Istilah serupa[sunting | sunting sumber]

Absorbansi dan absorptansi merupakan istilah yang harus diinterpretasikan berbeda.

Absorptansi mengacu pada rasio proporsional langsung (tidak logaritmik) atau merupakan selisih dari intensitas cahaya yang datang dengan yang dipantulkan dan diteruskan. Absorptansi total mengacu pada semua spektrum cahaya, sedangkan absorptansi spektral mengacu pada cahaya pada panjang gelombang tertentu.[6]

Absorbansi memperhitungkan semua yang tidak ditransmisikan, termasuk yang direfleksikan dan didispersikan, sedangkan absorptansi tidak memperhitungkan yang direfleksikan dan didispersikan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]