Abū Sahl al-Qūhī

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Abū Sahl Waffā al-Qūhī (Persia: ابوسهل بیژن کوهی, dikenal juga sebagai al-Kūhī atau al-Qūhī) adalah seorang matematikawan, astronom, dan ahli optik Persia yang hidup pada abad ke-10 dan awal abad ke-11. Ia terkenal karena kontribusinya dalam bidang matematika, khususnya dalam studi geometri dan optika, selama masa Zaman Keemasan Islam.[1]

Kontribusi[sunting | sunting sumber]

Salah satu karya pentingnya adalah "Kitāb al-Intisār" (Buku Tentang Proyeksi), di mana ia membahas berbagai aspek proyeksi matematika, yang melibatkan penggambaran objek-objek pada bidang datar atau lengkung. Karya ini memiliki implikasi dalam bidang astronomi dan optika, serta digunakan dalam pembuatan astrolab dan instrumen ilmiah lainnya.

Dalam bidang optika, al-Qūhī menyelidiki sifat-sifat pembiasan dan perubahan arah cahaya saat melalui media berbeda. Ia juga mempelajari pembentukan bayangan oleh cermin melengkung dan konsep pembesaran optik.

Namun, walaupun karya-karyanya dikenal dalam catatan sejarah, banyak dari tulisan-tulisan al-Qūhī yang tidak bertahan, dan sebagian besar informasi tentang kontribusinya diambil dari catatan sejarah lainnya. Meskipun demikian, warisannya dalam bidang matematika dan optika memberikan fondasi penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia Islam dan membantu membentuk dasar ilmiah bagi penemuan-penemuan di masa mendatang.[2][3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The first steps for learning optics : Ibn Sahl's, Al-Khayam's and Young's works on refraction as typical examples" (PDF). II. The Perian Abu Sahl Wajjan Ibn Rustam Al-Quhi, also known as Abu Sahl Al-Kuhi or just Kuhi, studied optics and investigated the optical properties of mirrors made from conic sections 
  2. ^ Suter, Die Mathematiker und Astronomen der Araber (75-76, 1900). In his treatise On Rising Times, he wrote that he had also investigated astronomy as well as centers of gravity and optics. His Perfect Compass, for example, represented a step beyond Ibn Sina’s pointwise constructions of conic sections and described an instrument al-Qūhī characterized as useful for drawing these sections on sundials and astrolabes.
  3. ^ Berggren, Len (2007). "Kūhī: Abū Sahl Wījan ibn Rustam [Wustam] al‐Kūhī [al‐Qūhī]". Dalam Thomas Hockey; et al. The Biographical Encyclopedia of Astronomers. New York: Springer. hlm. 659. ISBN 978-0-387-31022-0.  (PDF version)
  4. ^ Dold-Samplonius, Yvonne (2008) [1970–80]. "Al-Qūhī (or Al-Kūhī), Abū Sahl Wayjan Ibn Rustam". Complete Dictionary of Scientific Biography. Encyclopedia.com.