9 Summers 10 Autumns

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
9 Summers 10 Autumns
IHSANTARORE9SUMER9AUTUM.jpg
Poster film
Sutradara Ifa Isfansyah
Produser Edwin Nazir
Arya Pradana
Penulis Ifa Isfansyah
Fajar Nugros
Iwan Setyawan (Novel)
Pemeran Ihsan Tarore
Alex Komang
Dewi Irawan
Dira Sugandi
Hayria Faturrahman
Shafil Hamdi Nawara
Agni Pratistha
Ence Bagus
Epy Kusnandar
Studio Angka Fortuna Sinema
Tanggal rilis 25 April 2013 (2013-04-25)
Durasi 120 menit
Bahasa Bahasa Indonesia

9 Summers 10 Autumns (Bahasa Indonesia: "9 Musim Panas 10 Musim Gugur") adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 25 April 2013. Film ini disutradarai oleh Ifa Isfansyah dan dibintangi oleh Ihsan Tarore dan Alex Komang. Film ini adalah adaptasi dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Iwan Setyawan, menceritakan tentang keluarga dan perjuangannya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Diceritakan bahwa Iwan (Ihsan Tarore) adalah seorang pemuda penyendiri yang hidup seorang diri di New York, Amerika Serikat. Setelah mengalami peristiwa perampokan di sebuah terowongan kereta bawah tanah, Iwan termangu dan mulai menghadirkan kembali kenangan tentang seseorang yang membawanya menengok kembali ke masa lalu, tentang cinta keluarga yang menyelamatkan semuanya.

Iwan adalah anak lelaki yang tumbuh besar bersama keluarganya yang sederhana di sebuah kampung di kaki Gunung Panderman, di rumah berukuran 6x7 meter. Ayah Iwan (Alex Komang) adalah seorang sopir angkot yang sangat mengharapkan agar Iwan tumbuh menjadi lelaki tangguh yang membantu mencari penghidupan untuk keluarganya, namun Iwan adalah sosok yang berbeda dari yang diharapkan ayahnya. Iwan adalah seorang anak yang sangat cerdas dalam belajar, terutama matematika, dan bermimpi untuk membangun kamar sendiri yang tidak kecil seperti rumahnya yang sekarang. Hidup bertujuh dengan segala sesuatu yang terbatas, membuat Iwan bahkan tak memiliki kamar sendiri. Ayah Iwan tak bisa mengingat tanggal lahirnya, sementara ibunya tidak tamat Sekolah Dasar. Ia tumbuh besar bersama empat saudara perempuan.

Pendidikanlah yang membentangkan jalan keluar dari penderitaan. Dengan kegigihan, anak Kota Apel, Malang dapat bekerja di "The Big Apple", New York. Sepuluh tahun mengembara di kota paling kosmopolit itu membuatnya berhasil mengangkat harkat keluarga sampai meraih posisi tinggi di salah satu perusahaan top dunia. [1]

Tokoh dan pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]