Álvaro Noboa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Álvaro Noboa (lahir 1 November 1950 di Guayaquil) adalah seorang pengusaha dan politikus Ekuador.

Noboa telah lama aktif dalam politik, dan sebelumnya pernah dua kali mencalonkan diri sebagai presiden namun ia kalah dengan angka tipis dan hasilnya sempat diperdebatkan. Ia penganjur pembaruan sosial melalui usaha bebas untuk membebaskan orang miskin di Ekuador.

Noboa adalah orang terkaya di negaranya dan karenanya seringkali dianggap sebagai wakil kelas politik elit negara itu.

Noboa adalah pemimpin PRIAN, sebuah partai populis yang didirikannya sendiri setelah ia memisahkan diri dari sebuah partai populis lainnya Partai Roldosis Ekuador (PRE). Ia menjadi calon presiden dari PRE pada 1998 dan dari PRIAN pada 2002, namun dalam kedua kesempatan ia hanya menduduki tempat kedua, karena dikalahkan oleh Jamil Mahuad dan Lucio Gutiérrez. Pada 2006, ia kembali mencalonkan diri untuk presiden sebagai kandidat partainya.

Noboa yang mempunyai 110 perusahaan di negaranya, menyebut dirinya sebagai investor terbesar Ekuador. Ia berjanji untuk menggunakan kecakapan bisnisnya untuk mengangkat kaum miskin Ekuador menjadi kelas menengah. Banyak orang Ekuador yang tertarik akan janji-janjinya untuk menyediakan perumahan murah dan sejuta lapangan kerja.[1]

Dari hasil perhitungan suara sementara pada 15 Oktober 2006, ia memperoleh 26,8 persen suara, sementara saingannya, Rafael Correa mendapatkan 22,3 persen suara. Ini berarti mereka berdua harus bertarung lagi dalam putaran kedua.

Pemilihan umum putaran kedua, November 2006[sunting | sunting sumber]

Menurut exit poll setelah pemilihan putaran kedua pada 26 November 2006, Noboa hanya memperoleh 43,2% suara dan dikalahkan oleh saingannya Rafael Correa yang mengumpulkan 56,9% suara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]